Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk, Dan Merek Terhadap Minat Beli Pakaian di Toko Kimberly

Authors

  • Cia Cai Cen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i2.905

Keywords:

Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk, Merek, Minat Beli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, harga produk, kualitas dan merek terhadap minat beli pakaian di toko Kimberly (studi kasus pada Mahasiswa STIE Bina Karya Tebing Tinggi). jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif asosiatif dan menyebar kuesioner melalui sebuah platform google form kepada responden yang dijadikan sampel penelitian ini dan kemudian data diolah dengan menggunakan SPSS (Statisctical Product and Service Solution) version 25.00. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 34 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat uji yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis terhadap hipotesis pertama dapat diketahui bahwa thitung (0,960) < ttabel (2,042), demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,345 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama ditolak, artinya Variabel Gaya Hidup (X1) tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hipotesis kedua dapat diketahui bahwa thitung (2,064) > ttabel (2,042), dan nilai signifikansinya sebesar 0,048 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua diterima, artinya Harga Produk (X2) berpengaruh terhadap Minat Beli (Y). Hipotesis ketiga dapat diketahui bahwa thitung (2,538) > ttabel (2,042), dan nilai signifikansinya sebesar 0,017 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, artinya Kualitas (X3) berpengaruh terhadap Minat Beli (Y).

Hipotesis keempat dapat diketahui bahwa thitung (-0,094) > ttabel (-2,042), dan nilai signifikansinya sebesar 0,926 > 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis keempat ditolak, artinya Merek (X4) tidak berpengaruh terhadap Minat Beli (Y) dan hipotesis kelima dapat diketahui bahwa Fhitung (9,049) > Ftabel (3,33), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kelima diterima, artinya Gaya Hidup (X1) dan Harga Produk (X2), Kualitas (X3), Merek (X4) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Minat Beli (Y).

References

Andriani, Arwita Dwi, and Menuk Christina Sri. 2021. “Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya.” Journal of Sustainability Business Research 2(1): 2746–8607.

Arifin, Zainal, and Dewi Sri Susanti. 2020. “Pengaruh Kualitas Dan ReferensiI Terhadap Minat Beli T-Shirt Pada Distro Di Tembilahan (Studi Kasus Siswa/Siswi Dan Mahasiswa/Mahasiswi Indragiri Hilir).” 6(1): 95–100.

Badjamal, Faigah A. 2019. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Ssamsung Di Kota Palu.” Jurnal Ekonimi Trend 7(2): 11.

Basyir, Azhar. 2019. “Pengaruh Fashion Lifestyle Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Beli.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga(JPTN) 7(3): 1–7.

Daud, Muhaimin, Andi Artono, and Eni Prastiti. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Sepeda Motor Honda (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Kadiri).” JIMEK 1(1): 67–78.

Dewi, Retry Nanda Tiara. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli.” eJournal Administrasi Bisnis 7(4): 409–23.

Firmansyah, Dr. M. Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategi). https://www.researchgate.net/publication/334964919_Buku_Pemasaran_Produk_dan_Merek.

Halim, Nico Rifanto, and Donant Alananto Iskandar. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Persaingan Terhadap Minat Beli.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) 4(3): 415–24. https://core.ac.uk/download/pdf/235155705.pdf.

Indrasari, Dr. Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.pdf.

Kamaluddin, and Muhajirin. 2018. “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE BIMA).” Akrab Juara 3(3): 113–22.

Manurung, Perdi. 2016. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup.” wordpress.com. https://perdimanurungstmikpringsewu.wordpress.com/2016/06/26/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-gaya-hidup/?msclkid=0f305184a74011ec8d503babd41a4c7d.

Puspita, Cindy Mega, and Agung Budiatmo. 2020. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang).” Jurnal Administrasi Bisnis 9(3): 268–75.

Putra, A Hendik Purbaya Mahadi. 2019. “Pengaruh Percieved Quality, Harga Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Oldman.co.” Jurnal Mitra Manajemen (JJM Online) 3: 1038–54.

Rachmawati, Anita, Any Agus Kana, and Yunita Anggarini. 2020. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab Di Nadiraa Hijab Yogyakarta.” Cakrawangsa Bisnis 1: 187–200.

Rahmayanti, N., and M. Saifuddin. 2021. “Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloveddi Thriftshop Online Instagram (Studi Kasus Pada Konsumen @rilyshop Di Kota Surabaya).” Managament Business Journal 4: 1–22.

Ramdhani, Desti, and Suzy Widyasari. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 5(1): 726.

Riadi, Muchlisin. 2018. “Aspek, Jenis, Tahapan Dan Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli.” kajianpustaka.com. https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html?m=1.

Sari, Puput Sekar, and Ninin Non Ayu Salmah. 2020. “Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Baju Karate Merek Arawaza Di Kota Palembang.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 4(2): 411.

Setiadi, Nugroho J. 2019. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, Dan R&D. Bandung. www.cvalfabeta.com.. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed. ed. Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Virya, Khrisna Adhi. 2018. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chimon.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 3(5).

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Cia Cai Cen. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk, Dan Merek Terhadap Minat Beli Pakaian di Toko Kimberly. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(2), 356–360. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i2.905

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.