Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha

Authors

  • Cia Cai Cen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v8i2.904

Keywords:

Iklan, Media Sosial, Inovasi Produk, Perkembangan Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh iklan di media sosial dan inovasi produk terhadap perkembangan usaha pisang coklat kemeklah Tebing Tinggi. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS 25.00, menggunakan sampel sebanyak 96 responden yang pernah melakukan pembelian produk kemeklah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menghasilkan kesimpulan yaitu : variabel iklan melalui media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha pisang coklat kemeklah Tebing Tinggi, variabel inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha pisang coklat kemeklah Tebing Tinggi, dan variabel iklan di media sosial dan inovasi produk berpengaruh secara simultan terhadap perkembangan usaha pisang coklat kemeklah Tebing Tinggi.

References

Akifah, A. (2020) ‘Optimalisasi Fungsi Media Sosial dalam Pengembangan Bisnis Kuliner’, Kinesik, 7(2), Pp. 91–102. Doi : 10.22487/Ejk.V7i2.56.

Aziz, A., Mursityo, Y. T. And Rachmadi, A. (2018) ‘Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram dan Pengaruhnya Terhadap Business Performance Satisfaction (Studi Pada Pengusaha Kuliner Di Kota Malang)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), Pp. 5708–5717.

Avriyanti, S. (2022) ‘Pengaruh Inovasi Produk Dan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Umkm Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong )’, 6(1), Pp. 61–73. Doi: 10.35722/Pubbis.

Azzahra, I. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Perkembangan Usaha ( Studi Kasus Pada Usaha Dimsum Kecamatan Medan Johor ) Skripsi Oleh : Indah Azzahra Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan Perkembangan Usaha.

Budiarto (2015) ‘Variabel determinant pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah’, Economic Education Analysis Journal, 9(1), pp. 316–331.

Dewi, A. (2018) ‘Pengaruh Iklan Online melalui Instagram terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal’, Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), Pp. 1–22.

Elvina (2015) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)’, 2(1), Pp. 106–118.

Ghozali (2016) ‘Uji Validitas dan Reabilitas’, pp. 1–9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Haryani, D. S. (2019) ‘Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang’, Jurnal Dimensi, 8(1), Pp. 54–70. Doi: 10.33373/Dms.V8i1.1827.

Herman, B. And Nohong, M. (2022) ‘Pengaruh Jaringan Usaha , Inovasi Produk , Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM )’, 19(I), Pp. 1–19. Doi: 10.26487/Jbmi.V19i1.18575.

Kotler (2012) ‘Representasi Maskulinitas dalam Media Sosial’, 51(1), p. 51. Available at: http://eprints.umm.ac.id/43080/%0Ahttp://eprints.umm.ac.id/43080/3/BAB II.pdf.

Kotler (2015) ‘Penggunaan Teknologi’, Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), pp. 313–324. doi: 10.36778/jesya.v2i2.108.

Lestari, A. (2020) ‘Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Padabutik Missyshop Official Di Kota Makassar’, International Journal Of Hypertension,

Maulana, A. E. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Promosi Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Usaha Kecil Keripik Pisang Di Kecamatan Ujung Bulu,Kelurahan Caile, Kabupaten Bulukumba’, International Journal Of Hypertension, 1(1), Pp. 1–171.

Mulyansyah, G. T. And Sulistyowati, R. (2020) ‘Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya’, Pendidikan Tata Niaga, 9 (1), Pp. 1097–1103. Available At : Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jptn/Article/View/36056.

Nabella (2022) ‘Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Sumber Daya Manusia, Jaringan Usaha Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Umkm Batik’.

Pariyem, Widiyanto And Sakitri, W. (2020) ‘Variabel Determinant Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Pasar Srondol’, Economic Education Analysis Journal, 9(1), Pp. 316–331.

Pratiwi, S. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Umkm Di Kabupaten Lombok Timur’.

Purwidiantoro, M. H. (2016) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)’, 1(1), Pp. 30–39.

Putri, Y. D. And Ie, M. (2020) ‘Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan dan Media Sosial Terhadap Kinerja Usaha UMKM di Jakarta’, Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), P. 1106. Doi: 10.24912/Jmk.V2i4.9896.

Sugiyono (2014) ‘Regresi Linear Sederhana’, http://repository.unpas.ac.id/30278/4/BAB%20III.pdf, pp. 37–63. Available at: http://repository.unpas.ac.id/30278/4/BAB III.pdf.

Supriatna, R. F. And Ariyanti, M. (2019) ‘Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Let’s Go Gelato Bandung The Influence Of Social Media Based Promotions On Consumer Purchasing Decision Let’s Go Gelato Bandung’, 6(2), Pp. 2724–2730.

Tresnawati, Y. And Prasetyo, K. (2018) ‘Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika’s Catering di Media Sosial’, Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), P. 102. Doi: 10.24198/Prh.V3i1.15333.

YOSEPHA, S. Y. (2021) ‘Determinan Penggunaan Media Sosial, Kreativitas dan Pelatihan terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Coffee Shop Di Kota Bekasi’, Jurnal Manajemen, 11(2), Pp. 165–181. Doi: 10.30656/Jm.V11i2.3878.

Yuritanto, Pangestu, V. and Armansyah (2021) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pengembangan Usaha Kuliner (Studi Kasus Di Kelurahan Kijang Kota Rw 02)’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), Pp. 1433–1440.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Cia Cai Cen. (2023). Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 8(2), 123–126. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v8i2.904

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.