STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENJUAL PRODUK BOLT! (Studi kasus pada PT Internux)
DOI:
https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i2.647Keywords:
Komunikasi Pemasaran, 4P, Penjual ProdukAbstract
Teknologi sebagai media komunikasi dan komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah dua hal yang saling berkaitan. Perkembangan teknologi yang pesat, akses untuk mendapatkan teknologi, dan murahnya biaya langganan akses internet menjadi faktor pendukung meningkatnya penggunaan internet di masyarakat. Dalam keadaan saat ini, pihak perusahaan harus lebih aktif dalam mendistribusikan dan memperkenalkan produknya agar dapat terjual sesuai dengan apa yang diharapkannya. Pemasaran itu sendiri terdiri dari unsur-unsur pemasaran terpadu dan cukup terkenal dengan istilah 4P, product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (komunikasi pemasaran) yang selalu berubah-ubah sejalan dengan aktivitas perusahaan dan perubahan lingkungan pemasarannya serta perubahan prilaku konsumennya. PT Internux meluncurkan BOLT! Super 4G LTE yang merupakan layanan mobile broadband dengan teknologi 4G LTE pertama di Indonesia. Produk yang ditawarkan PT Internux berupa BOLT! Super 4G LTE menggunakan 4G LTE. Paradigma pada penelitian ini adalah paradigma kontruktivis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi Data Primer melalui wawancara mendalam, data sekunder dengan studi analisis dan studi kepustakaan. Dilihat dari konsep 4P atau bauran pemasaran dan juga dari sisi promosi menggunakan bentuk- bentuk Komunikasi Pemasaran terpadu seperti advertising, Direct Marketing, Sales Promotion, Publicity/public relations, personal selling dan cyber marketing/internet marketing. Strategi pemasaran yang dijalankan saat ini oleh PT.Internux perlahan membuahkan hasil dan masih perlunya pengembangan produk terus berinovasi dengan pengembangan kemajuan teknologi agar tidak ketinggalan dengan competitor lainnya. Selain itu juga, untuk BTS bisa di perbanyak di perluas kembali agar bukan hanya jangkauan jaringan di jabodetabek– medan namun bisa menlingkup seluruh Indonesia.
References
N. Hidayat, "Literasi Digital Dan Bela Negara : Sebuah Upaya Untuk Mencegah Hoax Dalam Sistem Pertahanan Negara," NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol. 8, no. 1, pp. 32-41, 2021.
Arifin, Anwar (1994). Strategi komunikasi.CV. Amrico. Bandung
Alifahi, Hifni (2008) marketing communications orchestra. Examedia publishing . Bandung.
Beleh, George & Beleh, Michael (2001) advertising and promotion, McGraw hill higher Education, New York.
Creswell, J.W., and plano Clark, V.L (2007) designing and conducting mixed methods research. Thhousand oaks, CA: Sage Publications.
Daymon, C. & Holloway, I (2008) riset kualitatif dalam public relations & marketing communications (Cahya Wiratama, Penerjemah). PT.bentang Pustaka. Yogyakarta.
Kasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kennedy, E, John dan Soemanagara, dermawan, R (2006) marketing communication. PT Bhuana Ilmu Popular. Jakarta
Kertajaya, hermawan (2016) Connect!Surfing. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, kevin lane (2009) managemen Pemasaran edisi 13 Jilid 1. Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, kevin lane (2009) managemen Pemasaran edisi 13 Jilid 2. Erlangga
Kotler, Philip (2000) Marketing Pemasaran: Edisi Milenium. Prentice hall, Inc. New jersey
Kotler, Philip dan keller, K.L (2008) Managemen pemasaran: edisi 13. Erlangga Kotler, Philip, swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, chin Ton Tan (1999) Marketing management: an Asian Perspective, Prenticel hall international Inc. Singapore
Kotler, Philip; Kartajaya, Hermawan; Setiawan, Iwan (2010) marketing 3.0: from products to customers to human spirit. John wiley & sons, Inc. new jersey Meolong, Lexy J (1990) Metodelogi penelitian kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung. Morissa. Teori komunikasi (2009). Ghalia Indonesia. Jakarta
Rangkuti, Freddy (2002) creating effective marketing Plan. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Schramm, Wilbur (1995). The Process and effects of Man Communication. University of Illinois Press. Iiois
Setiadi, Nugroho J, Prilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana, 2003.
Shimp, Terence A (2000). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1 (Revyani Syahrial terrjemahan). Penerbit Erlangga. Jakarta
Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Statisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-marketing, Edisi ke-2, Yogyakarta:PenerbitAndi, 2012
Wasesa, silih Agung dan macnamara, Jin (2010) stategi Public relations. Gramedia Pustaka utama. Jakarta
Widjaja, Bernard, DR. Ir, MM (2009). Lifestyle Marketing servelist: Paradigma baru pemasaran bisnis jasa dan Lifstyle. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Yin, Robert K (1996). Studi kasus: desin dan metode. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta Zarella, Dan (2010). The Sosial Media marketing book. O’reilly Media, Inc California