Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Omesh_Id Ditengah Covid-19

Authors

  • Suspahariati Suspahariati Unipdu Jombang
  • Ririn Susilawati Unipdu Jombang
  • Hartina Hidayatillah Unipdu Jombang

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.813

Keywords:

Digital marketing, volume penjualan, Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran digital marketing sebagai media pemasaran yang banyak digunakan oleh masyarakat dijaman sekarang, namun adanya permasalahan baru munculnya pandemi Covid-19 yang dirasakan oleh seluruh masyarakat di hampir semua penjuru dunia membuat perubahan pada kehidupan masyarakat pada beberapa keadaan salah satunya pada keadaan ekonominya. Sehingga peneliti melakukan riset terkait hal tersebut pada salah satu UMKM yang menggunakan digital marketing sebagai media pemasaran produknya yaitu UMKM Omesh_id di wilayah Mojokerto yang memproduksi makanan ringan. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa digital marketing sangat membantu pemasaran bukan hanya di hari-hari biasa tetapi juga pada masa pandemi Covid-19 ini. Masa mandemi yang tak kunjung usai hingga hari lebaran idul fitri ternyata tidak berpengaruh terlalu besar, hal ini tentunya bukan hanya karena hari lebaran masyarakat membutuhkan banyak stok makanan ringan, akan tetapi strategi pemasaran dari pihak produsen untuk tetap mencapai target pemasaran menjadi penentu volume penjualan atau kemampuan penjualan khususnya dikeadaan pandemi yang membuat masyarakat harus lebih banyak waktu didalam rumah saja mematuhi himbauan dari pihak pemerintah.

 

References

ES, D. P., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. E-ISSN: 2580-4332 , 4-7.

Hasanat, M. W., Hoque, A., Shikha, F. A., Anwar, M., Hamid, P. D., & Tat, P. D. (2020). The impact corona virus (Covid-19) on E-business in Malaysia. Asian journal of multidisciplinary studies , vol 3, 1-7.

Kelemu, N., & Mandefro, G. (2017). The role of marketing strategy for sales volume: A case study on Ethiopian textile firms, Ethiopia. Journal of marketing and consumer research , vol 40, 33-42.

Kertajaya, H. (2019). Marketing 4.0. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks .

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Makmur, & Saprijal. (2015). Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (Studi pada S-mart swalayan pasir pengaraian). Jurnal ilmiah Cano Ekonomos , Vol 3, 41-56.

Mukhoyaroh, A., & Susilawati, R. (2019). Marketing 4.0 untuk usaha mikro tas tali kur desa mojongapit kecamaan Jombang kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Terapan Abdimas , 52-56.

Rahayu, N. (2019, 2 19). Pertumbuhan E-Commerce Pesat di Indonesia. Retrieved from Warta Ekonomi.co.id: https://www.wartaekonomi.co.id/read216302/pertumbuhan-e-commerce-pesat-di-indonesia

Rahmayani, I. (2015, 10 2). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Retrieved from Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia: https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

ryo/pTahun 2019, Koperasi di Jatim Mencapai 34 Ribu Unit

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kualitatif, kuantitatifdan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) desa Tales kabupaten Kediri. Generation Journal , vol 4, 41-48.

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19);sebuah tinjauan literatur. wellness and healty magazine , vol 2, 187-192.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Suspahariati Suspahariati, Ririn Susilawati, & Hartina Hidayatillah. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Omesh_Id Ditengah Covid-19. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(2), 315–323. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.813

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.