Persepsi Saluran Terintegrasi Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Pengalaman Pelanggan Pada Nasabah PT. Pegadaian Cabang Medan Utama

Authors

  • Silvy Natalia Marbun Universitas HKBP Nommensen
  • Romindo Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Natalia M Damanik Universitas HKBP Nommensen
  • Lasma Lenida Rosinta Sianipar Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.838

Keywords:

Pengalaman Pelanggan; Saluran Integrasi; Loyalitas pelanggan; Omnichannel Marketing

Abstract

Agar tetap kompetitif dan relevan bagi pelanggan Perusahaan telah menambahkan saluran  online, menjadi perusahaan ritel multisaluran yang terintegrasi atau biasa dikenal dengan  model omnichannel. Omnichannel merupakan model bisnis yang dalam pengoperasian dan  pelayanannya terintegrasi pada semua saluran penjualan yang dimiliki perusahaan dalam  satu sistem secara keseluruhan. Loyalitas menjadi ukuran seberapa besar kemungkinan  pelanggan akan berpindah ke merek lain. Untuk itu diperlukan manajemen perusahaan agar  dapat menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan di masa yang akan datang  dengan tepat. Lebih lanjut, variabel pengalaman pelanggan digunakan sebagai variabel  mediating untuk meningkatkan loyalitas konsumen akan penggunaan produk Pegadaian  tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh  saluran terintegrasi terhadap loyalitas pada nasabah PT. Pegadaian CP Medan Utama. (2)  Untuk mengetahui bagaimana pengaruh saluran terintegrasi terhadap pengalaman  pelanggan pada nasabah PT. Pegadaian CP Medan Utama. (3) Untuk mengetahui  bagaimana pengaruh pengalaman pelanggan terhadap loyalitas nasabah pada PT.Pegadaian  CP Medan Utama. (4) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh saluran terintegrasi terhadap  loyalitas nasabah dengan pengalaman sebagai variabel mediasi. Pengumpulan data  dilakukan secara online melalui model google formulir dengan 174 responden yang  tersedia. Analisis Struktural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menguji model  pengukuran dan structural melalui Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) Integrasi saluran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. (2) Integrasi  saluran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman pelanggan. (3)  Pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. (4) Integrasi  saluran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas melalui pengalaman  pelanggan sebagai variabel mediasi.    

References

Chandra, S. (2014). Dampak Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Ciputra World Surabaya. Manajemen iBuss, 2(2), 1-11

Fernandes, T., Pinto T. (2019). Penentu kualitas hubungan dan hasil di layanan perbankan ritel: Peran pengalaman pelanggan. Jurnal Ritel dan Layanan Konsumen, 50,30-41. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.018.

Gao, M., Huang, L. (2021). Quality of channel integration and customer loyalty in omnichannel retailing: The mediating role of customer engagement and relationship program receptiveness. Journal of Retailing and Consumer Services, 63, 102688.

Gao, W., Fan, H., Li, W., Wang, H. (2021). Crafting the customer experience in omnichannel contexts: The role of channel integration. Journal of Business Research, 126, 12-22.

Ghozali, Imam, (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS), Edisi 4, Semarang : Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Hamouda, M. (2019). Omni-channel banking integration quality and perceived value as drivers of consumers’ satisfaction and loyalty. Journal of Enterprise Information Management.

Homburg, C., Jozic, D., Kuehnl, C., (2017). Manajemen pengalaman pelanggan: menuju menerapkan konsep pemasaran yang berkembang. J.Acad. Pasar. Sci 45(3), 377-401

Jakti, E., Murtejo, E., Hadi, F. P., Abd, T. M. K. (2022). Pengaruh Integrasi Layanan Omnichannel terhadap Loyalitas Nasabah Perbankan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 872-891.

Jinzhe Yan, Kyuseop Kwak. 2016. Empirical Study on Omni-Channel Effect: Eviden form Departement Store Tersedia : (diakses pada tanggal 11 Februari 2022)

Nirawati, L., Pratiwi, A. D., Mutiahana, A., & Afida, E. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pelanggan (Customer Experience) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 624-631.

Oh, L.-B., & Teo, H.-H. (2010). Consumer value co-creation in a hybrid commerce service delivery system. International Journal of Electronic Commerce, 14(3), 35–62. https://doi.org/10.2753/JEC1086-4415140303.

Pasaribu, Romindo. M., Pasaribu, Herry. D. (2021). Customer Experience as A Mediation of Omnichannel Retailers of Wardah Beauty Products on Repurchase Intentions. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 2(3), 140-157. Retrieved from https://journal.jis-institute.org/index.php/ijmhrr/article/view/287

Shen et al., 2018. Shen, X.L., Li, Y.J., Sun, Y. and Wang, N. (2018), “Channel integration quality, perceived fluency and omnichannel service usage: the moderating roles of internal and external usage experience”, Decision Support Systems, Vol. 109, page. 61-73.

Simatupang, B. E., Pasaribu, Romindo., Simanjuntak, A., Pasaribu, Herry. D., & Matondang, V. (2021). Kepercayaan Konsumen Memediasi Omnichannel Integration Quality Pada Niat Pembelian Kembali di PT Pegadaian (Persero) Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 67-77. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1057

Sugesti, N. L., Kusniawati, A., Prabowo, F. H. E. (2019). Pengaruh omni-channel marketing terhadap minat beli konsumen (Studi kasus pada produk tabungan emas PT. Pegadaian Syariah cabang Padayungan). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(4), 92-101.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif,kualitatif dan R&D).Bandung: Alfabeta.

Zhang, et al, 2018. Zhang, M., Ren, C., Wang, G.A. and He, Z. (2018). “ The Impact Of Channel Integration On Consumer Responses In Omni-Channel Retailing: The Mediating Effect Of Consumer Emprowement”, Electronic Commerce Research And Applocations, Vol. 28, pp. 181-193.

https://www.pegadaian.co.id (diakses pada tanggal 10 Januari 2022

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Silvy Natalia Marbun, Romindo Pasaribu, Natalia M Damanik, & Lasma Lenida Rosinta Sianipar. (2023). Persepsi Saluran Terintegrasi Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Pengalaman Pelanggan Pada Nasabah PT. Pegadaian Cabang Medan Utama. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(2), 112–133. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.838

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.