Pengaruh Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Eden Daily International Food Semarang

Authors

  • Ahmad Mansur Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Aletta Dewi Maria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Mochamad Miswanto Gunawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v8i2.921

Keywords:

Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Eden Daily International Food Semarang, untuk mengetahui pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan, dan kepuasan tamu. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 responden.

Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna untuk kepuasan pengelola dan tamu. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen model tes, uji hipotesis, namun sebelum tes dilakukan terlebih dahulu uji validitas dan uji reliabilitas.

Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan produk, harga, dan kualitas pelayanan akan diikuti dengan peningkatan kepuasan tamu, begitupun sebaliknya. Hasil uji analisis regresi menunjukkan bahwa nilai F signifikan, dengan penentuan nilai korelasi adjusted R2 sebesar 0,855. Hal ini menginformasikan bahwa kepuasan tamu dipengaruhi oleh produk, harga, dan kualitas pelayanan dengan persentase 85,5%. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan tamu perlu dilakukan peningkatan produk, harga, dan kualitas pelayanan.

References

Apriyanti, P., Surya, D., & Lutfi. (2017). Analisis kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), 159–166. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM

Bimaria, N. P. P. R., Kulu, M. P., & Peridawaty, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sendy’s Swalayan Palangka Raya. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(3), 181–191. https://doi.org/10.52300/jmso.v1i3.2759

Dewa, C. B. (2019). Pengaruh Kualitas Restoran Terhadap Kepuasan Pelanggan Cengkir Heritage Resto And Coffe. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1). https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5639

Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p18

Felicia, N. (2020). Studi Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) untuk Kategori Produk Food. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 54. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i1.6799

Ginting, M., & Saputra, A. (2015). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 10–19.

Kotler, P. (n.d.). The Major Tasks of Marketing Management.

Kotler, P. (1998). A generic concept of marketing. Marketing Management, 7(3), 48. https://doi.org/10.1177/002224297203600209

Kotler, P. (2000). Marketing Management , Millenium Edition. Marketing Management, 23(6), 188–193. https://doi.org/10.1016/0024-6301(90)90145-T

Meisara, G. V., & Napitupulu, H. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 85–95. http://etd.uum.edu.my/4168/4/s810949_abstract.pdf

Rullyana puspitaningrum m. (2016). Pengaruh produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di tasneem convention hotel yogyakarta tesis.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Sari, S. P. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kue Xyz Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(4), 103–112. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i4.4997

Savitri, C., & Anggela, F. P. (2018). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan 234 | B u a n a I l m u. 4(2), 234–252.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).

Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran Edisi III. (Yogyakarta: Andi Offset, 2008). 19. Journal Information, 10(3), 1–16.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan D’besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan). 26(01), 105–122.

Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.630

Downloads

Published

2021-10-22

How to Cite

Ahmad Mansur, Aletta Dewi Maria, & Mochamad Miswanto Gunawan. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Eden Daily International Food Semarang. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 8(2), 127–134. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v8i2.921

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.