Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar

Authors

  • Hendri Mayanta Tarigan Universitas Efarina Siantar

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.800

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap RS Harapan Pematangsiantar, (2) mengetahui penaruh harga terhadap kepuasan pasien rawat inap RS Harapan Pematangsaintar, (3) mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap RS Harapan Pematangsaintar, dan mengetahui secara simultan terhadap kepuasan pasie rawat inap RS Harapan Pematangsiantar. Analisis yang digunakan dalam penelitianini meliputi deskriptif, analisis regresi, dang pengujian hipotesis, analisisi dugunakan sesuai dengan perumusan modal dan permasalahan yang ada. Responden dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan sebanyak   5 orang (50,0) dan responden dengan umur 35-39 Tahun sebanyak  4 orang (40,0). Sedangakn yang bekerja mayoritas Pegawai swasta sebanyak 8 orang (80,0). Sedangkan lama dirawat selama kurang dari tiga hari ada 6 orang (60,0).

Jadi dapat disimpulkan bahwa pasien rawat inap Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar dalam penelitian ini jumlah laki-laki balance dengan perempuan, lebih banyak yang berumur 3-39 tahun, pekerjaanya sebagai pegawai swasta dan lama rawat inap kurang dari tiga hari.

References

Hasibuan, Malayu SP. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta : Bumi Aksara.

Manullang M, Manajemen Personali, Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia,, 2002.

Sugyono.2005.Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Penerbit Alfabetha.

Moekkijat, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Ghalia Indonesia, Cetakan Kedua, 2001.

Sofyan Syafri Harahap, 2011. Analisis Kritis Aatas Laporan Keuanagn. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Pendekatan Kualitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung;ALFABETA.

Astuti, D. (2004). “Manajemen Produksi dan Operasi”. Jakarta: FE UL

Assuari, S. (2006). Manajemen Produksi dan operasi” (Revisi ed). Jakarta: FE UL

Tampubolon, Manahan, 2004 Manajemen Operasional, Jakarta,Penerbit Ghalia Indonesia.

Media Internet, Diakses Penulis, 2018.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Hendri Mayanta Tarigan. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 123–129. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.800

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.