STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK COKELAT MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PT.X JEMBER

Authors

  • Niken Aquinta Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diany Faila Sophia Hartatri Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i1.549

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Pemasaran, Media Sosial, Instagram.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan strategi komunikasi pemasaran produk cokelat PT.X yang dilaksanakan dari media sosial Instagram. Penelitian tersebut selaku penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penggunaan metode wawancara, observasi, juga pengumpulan dokumen. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya perusahaan sudah mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran beserta melakukan pemanfaatan media sosial Instagram guna melakukan pengenalan produk mereka, memberikan pengaruh konsumen beserta melakukan peningkatan. Ada lima unsur pada komunikasi pemasaran yang dilakukan, yakni Periklanan dari media internet, Pemasaran langsung, yaitu pemasaran produk dengan tidak adanya perantara distributor ataupun reseller baik penjualan dengan cara offline pada outlet ataupun online, Promosi penjualan dengan adanya harga bundle dan diskon, Pemasaran interaktif secara online dilakukan dari instagram dan melakukan unggahan katalog produk, program promo beserta melakukan komunikasi bersama sejumlah pengikut, Public relation, membangun hubungan baik bersama masyarakat sekitar. Kemudian menerapkan delapan langkah utama dalam memasarkan konten pada pemasaran produknya, yaitu Menetapkan tujuan pemasaran, Pemetaan target pasar, Penggagasan dan perencanaan konten, Penciptaan konten, Distribusi konten, Penguatan konten, Evaluasi pemasaran konten, dan Perbaikan pemasaran konten.

References

[M. Z. Amalina Mubarokah, Sri Wahyuni, “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Osingdeles),” Pendidik. Ekon., vol. 16 Nomor 1, pp. 98–104, 2022, doi: 10.19184/jpe.v16i1.24614.

T. Aprilya, “Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda,” eJournal Ilmu Komun., vol. 5, no. 1, pp. 13–23, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/01/Jurnal Cetak (01-20-17-06-48-55).pdf

A. D. S. V. S. Aulia, “The Impact of Advertising on Consumer Purchase Decision with Reference to Consumer Durable Goods in Oman,” Int. J. Manag. Stud. Res., vol. Volume 5, no. 12, pp. 11–19, 2017.

I. Dasuki and U. Wahid, “Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19 | Dasuki | PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat,” PARAHITA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1 (2), no. 2, pp. 47–54, 2020, [Online]. Available:http://parahita.web.id/index.php/parahita/article/view/49/34

Daengs, G. S. A., Istanti, E., Negoro, R. M. B. K., & Sanusi, R. (2020). The Aftermath of Management Action on Competitive Advantage Through Proccess Attributes at Food and Beverage Industries Export Import in Perak Harbor of Surabaya. International Journal Of Criminology and Sociologi, 9, 1418–1425.

Enny Istanti1), Bramastyo Kusumo2), I. N. (2020). IMPLEMENTASI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PEMBELIAN BERULANG PADA PENJUALAN PRODUK GAMIS AFIFATHIN. Ekonomika 45, 8(1), 1–10.

Iwa Soemantri, Asep et al. 2020. Entrepreneurship Orientation Strategy, Market Orientation And Its Effect On Business Performance In MSMEs. Jurnal EKSPEKTRA Unitomo Vol. IV No. 1, Hal. 1-10.

Kumala Dewi, Indri et al, 2022 Peningkatan Kinerja UMKM Melalui pengelolaan Keuangan,Jurnal Ekonomi Akuntansi , UNTAG Surabaya, Hal ; 23- 36

Prihantoro, Kasih, Pramono, Budi et all. 2021. Tourism Village Goverment Program, Caractized By State Defence As The Economic Foundation Of National Defence, International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), Vol. V, Issue V, Page 197-2001.

Rina Dewi, et al. 2020. Internal Factor Effects In Forming The Success Of Small Businesses. Jurnal SINERGI UNITOMO, Vol. 10 No. 1, Hal. 13-21.

Gina Shafira Nurimani, “Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian,” J. Ris. Manaj. Komun., pp. 54–58, 2022, doi: 10.29313/jrmk.v2i1.1007.

G. Jayanti, “PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PROSES KOMUNIKASI PEMASARAN DI TOKO EAST KALIMANTAN CENTER SAMARINDA,” eJournal llmu Komun., vol. Vo.l 2 No., pp. 219–228, 2014.

A. C. F. Junaedi, “Digital Content Distribution Management Health Promotion Covid-19 Prevention on Youtube And Instagram MCCC Manajemen Distribusi Konten Digital Promosi Kesehatan,” pp. 1–12.

P. K. and L. K. K., Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga, 2008.

P. K. and L. K. K., Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2012.

T. Martini and A. Syabilla, “Administrasi Perencanaan Konten Instagram Customer Pada Divisi Chlorine di Perusahaan Cyberlabs,” vol. 8, no. 2, pp. 162–173, 2022.

Morissan, Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

I. M. Mulitawati and M. Retnasary, “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag),” Komunikologi J. Pengemb. Ilmu Komun. dan Sos., vol. 4, no. 1, p. 23, 2020, doi: 10.30829/komunikologi.v4i1.7616.

R. Nadaraja and R. Yazdanifard, “Social Media Marketing SOCIAL MEDIA MARKETING : ADVANTAGES AND DISADVANTAGES,” East African Sch. J. Educ. Humanit. Lit., p. 11, 2018.

Paramita Purnama, Rosita Anggraini, Arintowati Hartono, Irwansyah, and Niken F. Ernungtyas, “Terpaan Iklan Digital, Word Of Mouth dan Komunikasi Pemasaran Interaktif pada Keputusan Pembelian Produk Perawatan Tubuh,” KOMUNIDA Media Komun. dan Dakwah, vol. 9, no. 2, pp. 192–209, 2019, doi: 10.35905/komunida.v9i2.1123.

D. J. Priansa, Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia, 2017.

D. Purwiyanto and F. X. A. Purwanto, “Brand Awareness Sebagai Variabel Pemediasi Pengaruh Internet MarketingTerhadap Keputusan Pembelian. (Studi Kasus Mahasiswa Diploma Pelayaran Pada Pembelian Tiket Online di PT PELNI),” Jiabi, vol. 4, no. 2, pp. 177–197, 2020.

I. A. Rahman and R. Panuju, “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram,” WACANA, J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 16, no. 2, p. 214, 2017, doi: 10.32509/wacana.v16i2.26.

V. Z. Rizal, “Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek,” Inter Komunika J. Komun., vol. 4, no. 1, p. 75, 2019, doi: 10.33376/ik.v4i1.291.

D. R. Sabar, L. Mananeke, and B. Lumanauw, “Pengaruh Ekuitas Merek, Atribut Produk Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada Pt Hasjrat Abadi Manado Tendean,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 8, no. 1, pp. 185–193, 2020.

P. K. H. K. I. Setiawan, Marketing 4.0. Jakarta: Gramedia, 2017.

T. Shimp, Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan Dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat, 2014.

E. Suwarni, M. Astuti Handayani, Y. Fernando, F. Eko Saputra, F. Fitri, and A. Candra, “Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 187–192, 2022, doi: 10.52436/1.jpmi.570.

Y. Tresnawati and K. Prasetyo, “Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial,” PRofesi humas J. Ilm. ilmu Hub. Masy., vol. 3, no. 1, p. 102, 2018, doi: 10.24198/prh.v3i1.15333.

D. Untari and D. E. Fajariana, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik),” Widya Cipta, vol. 2, no. 2, pp. 271–278, 2018, [Online].Available:http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

M. wahyu K. Upadana and K. A. S. Pramudana, “Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 9, no. 5, p. 1921, 2020, doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14.

R. S. Wahyuni and H. A. Setyawati, “Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee,” J. Ilm. Mhs. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 144–154, 2020, doi: 10.32639/jimmba.v2i2.457.

P. S. Wibowo, “Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru,” J. Komun. Prof., vol. 5, no. 1, pp. 38–56, 2021, doi: 10.25139/jkp.v5i1.3003.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Niken Aquinta Putri, Sukaris Sukaris, & Diany Faila Sophia Hartatri. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK COKELAT MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PT.X JEMBER. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(1), 109–117. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i1.549

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.