Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai

Authors

  • Diana Florenta Butar-butar Universitas Efarina Siantar

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.801

Keywords:

Motivasi, Komitmen Kerja, dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan komitmen kerja baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 8,360 + 0,387 X1 + 0,419 X2. Secara parsial, variabel motivasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Artinya hipotesis pada penelitian ini ditolak, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,064 > 2,052). Sedangkan variabel komitmen kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel 2,986 > 2,052). Secara simultan, variabel motivasi (X1) dan komitmen kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (74,202 > 3,35). Variabel motivasi (X1) dan komitmen kerja (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kinerja pegawai sebesar 84,6% sedangkan sisanya sebesar 15,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa motivasi yang sudah dimiliki oleh pegawai hendaknya dipertahankan dan harus dapat dikembangkan lagi agar Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai menjadi kantor KUA yang maju dan terdepan di Serdang Bedagai. Hendaknya pegawai menjaga komitmen yang sudah terbangun agar pelayanan terhadap masyarakat dapat terwujud.

References

Arikunto. 2016. Manajemen Penelitian. Cetakan ke X. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2013. Manajemen Personalia. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Duwi Priyatno. 2008. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Chairuddin Surya Putra, dkk. 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Dumai. Jurnal. Program Magister Manajemen. Universitas Riau.

Edy Sutrisno. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi I. Penerbit Prenadamedia Group. Jakarta.

Fenny Dwi Oktavia, 2014. Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Irham Fahmi, 2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep & Kinerja. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Ircham Machfoedz. 2010. Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Penerbit Fitramaya. Yogyakarta.

Malayu SP Hasibuan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Mudrajat Kuncoro. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Muhammad Imam Baihaqi. 2013. Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sadli Samsudin. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Pustaka Setia. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Syaiful Bahri. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Edisi I. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Yoyo Sudaryo. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Diana Florenta Butar-butar. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 130–141. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.801

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.