Pengaruh Reward Dan Pengembangan Karier Terhadap Semangat Kerja Karyawan Di Pt. Aerofood Indonesia Cabang Kualanamu International Medan

Authors

  • Hadi Panjaitan Universitas Efarina Siantar

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.798

Keywords:

Reward, Pengembangan Karier, dan Semangat Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah reward dan pengembangan karier baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan di PT. Aerofood Indonesia Cabang Kualanamu International Medan dan seberapa besar persentasenya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 18, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 5,040 + 0,332 X1 + 0,526 X2 + e. Secara parsial, variabel reward (X1) memiliki pengaruh yaang signifikan terhadap semangat kerja karyawan, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (5,743 > 1,994). Variabel pengembangan karier (X­2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (3,260 > 1,994). Secara simultan, variabel reward (X1) dan pengembangan karier (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (24,702 > 3,13). Variabel reward (X1) dan pengembangan karier (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 41,7% sedangkan sisanya sebesar 58,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran melihat kurang tingginya persentase pengaruh variabel reward dan pengembangan karier terhadap semangat kerja karyawan maka pihak perusahaan harus lebih menggencarkan program untuk menunjang profesionalitas karyawan agar pengembangan karier karyawan ikut meningkat dan karyawan yang memiliki profesionalitas yang baik layak diberikan reward. Diharapkan ada penelitian yang mendalam di masa yang akan datang yang dilakukan peneliti-peneliti lainnya mengenai variabel reward dan pengembangan karier terhadap semangat kerja.

References

Arikunto S. 2016. Manajemen Penelitian. Cetakan ke X. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri Syaiful. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Edisi I. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Duwi Priyatno. 2008. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ety Rochaety, dkk. 2009. Metode Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Fahmi Irham. 2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Hamali Arif Yusuf. 2018. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. Cetakan ke II. Yogyakarta: CAPS (Centre for Academic Publishing Service).

Ircham Machfoedz. 2010. Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Penerbit Fitramaya. Yogyakarta.

Joko Subagyo. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Khuzaimah S. 2017. Pengaruh Pengembangan Karir, Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Riau KEPRI Kantor Pusat Pekanbaru. Jurnal. Universitas Pekanbaru.

Kuncoro Mudrajad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Manulis Tesis. Jakarta: Erlangga.

Laksarini R F. 2018. Pengaruh Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Media di Rumah Sakit Islami Siti Aisyah Madiun Tahun 2018. Madiun: STIKES Bhakti Husada Mulia.

Mashar W. 2015. Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Pasir Pagarian. Riau.

Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Hadi Panjaitan. (2023). Pengaruh Reward Dan Pengembangan Karier Terhadap Semangat Kerja Karyawan Di Pt. Aerofood Indonesia Cabang Kualanamu International Medan. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 108–114. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i`1.798

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.