HUBUNGAN DISIPLIN DAN KOMPETENSI PELAUT TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA AWAK KAPAL PT. SHIP MANAGEMENT INDONESIA

Authors

  • Candra Oktyasari Putri Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Niken Devi Rosita Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Dhesi Wulan Sari Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Masriah Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Fajar Sari Kurniawan Politeknik Maritim Negeri Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i1.674

Keywords:

Disiplin, kompetensi, produktivitas kerja, awak kapal

Abstract

Salah satu kebutuhan penting manusia untuk menunjang kehidupan sehari-hari adalah transportasi. Transportasi laut merupakan penunjang potensi ekonomi yang besar di Indonesia karena hampir 70% wilayahnya merupakan lautan. Faktor yang memiliki peran strategis dalam manajemen transportasi laut adalah Sumber Daya Manusia yaitu awak kapal. Akan tetapi adanya kendala yang mempengaruhi produktivitas kerja adalah rendahnya disiplin dan kompetensi pelaut. Artikel ini membahas bagaimana tingkat pengaruh faktor disiplin dan kompetensi awak kapal di PT. Ship Management Indonesia terhadap Produktivitas Kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan software SPSS, yang menunjukkan hasil bahwa disiplin dan kompetensi awak kapal berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja.

Tujuan dari penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi perusahaan sehingga kemudian berimplikasi pada kepuasan klien dan stakeholders. Dan Bagi para awak kapal dapat meningkatkan kesadaran awak kapal  untuk memiliki produktivitas kerja yang tinggi sebagai landasan untuk menghasilkan kinerja terbaik.

 

 

 

References

Abbaszadeh, Zeinab, Ardalan Eyni and Payman Rabiei, “The Relationship Between Managers’ Competencies and Employees’ Productivity in Fars Chemical Industries Company, Shiraz, Iran,” World Applied Sciences Journal, 19 (6): 811-817, 2012, hh.811-817.

Gunawan, Herry, Pengantar Transportasi dan Logistik, Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit PT. Rajagrafindo Persada, 2015.

Hersey, Paul, Kennet H. Blanchrard, and Dewey E. Johnson, Management of Organizational Behavior; Leading Human Resources, Ninth Edition, New Jersey: Pearson-Prentice Hall, 2008.

Ivancevich, John M. Human Resource Management. New York: McGraw Hill, 2010.

Kerlinger, F. N. Asas-asas Penelitian Behavioral, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

Sukarto, Haryono, “Transportasi Perkotaan dan Lingkungan,” Jurnal Teknik Sipil, Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Vol. 3 , No. 2, Juli 2006.

Wardoyo, Dewi Tri Wijayati, “The Influence of the Discipline and Compensation against Work Productivity (Study on the Security Services Company, PT Garuda Milky Artha Surabaya)”, International Journal of Business and Management; Vol. 11, No. 1; 2016, 64-71

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Candra Oktyasari Putri, Niken Devi Rosita, Dhesi Wulan Sari, Masriah, & Fajar Sari Kurniawan. (2023). HUBUNGAN DISIPLIN DAN KOMPETENSI PELAUT TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA AWAK KAPAL PT. SHIP MANAGEMENT INDONESIA. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(1), 245–264. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i1.674

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.