Analisis Pengaruh Destination Quality Dan Destination Image Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Meaningful Tourism (Studi Pada Objek Wisata Di Kabupaten Klaten)

Authors

  • Audia Shifa Alifiana Universitas Islam Indonesia
  • Ratna Roostika Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.867

Keywords:

Kualitas Destinasi, Citra Destinasi, Niat Kunjungan Kembali, Wisata Bermakna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penelitian dan pengaruh antara kualitas destinasi, citra destinasi, niat kunjungan, dan pariwisata yang bermakna. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dari 242 pengunjung destinasi wisata di Kabupaten Klaten. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan purposive sampling karena peneliti memerlukan kriteria khusus agar sampel yang diambil nantinya sesuai dengan tujuan penelitian sehingga dapat memecahkan masalah dalam penelitian ini dan dapat memberikan nilai yang representatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas destinasi, citra destinasi, niat berkunjung, dan kebermaknaan pariwisata.

References

Abubakar. (2017). EWOM, Revisit Intention, Destination Trust Gender. Journal of Hospitality and Tourism Management, 220–227.

Coban, S. (2012). The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, SSN 1450-2.

Cong, L. C. (2016). A formative model of the relationship between destination quality, tourist satisfaction and intentional loyalty: An empirical test in Vietnam. Journal of Hospitality and Tourism Management, 26, 50–62.

Court, B., & Lupton, R. A. (2011). Costumer portfolio development: modelling destination adopters, inactive and rejecters. Journal of Travel Research, 36(1), 35.

Diarta, I. K. S., & Pitana, I. G. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi.

Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten. (2017). Statistik Pariwisata Klaten. Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten.

Dong, D. X., & Le, C. C. (2017). Factors affecting European tourists’ satisfaction in Nha Trang City: perceptions of destination quality. International Journal of Tourism Cities, 46(1): 1-1.

Filep, S., & Pearce, P. (2015). Tourism Experience and Fulfilment. Routledge.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., Jr., et.al. (1998). Multivariate Data Analysis 5thed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall Int’l.

Hair, J. F., Ortinau, D. J., & Harrison, D. E. (2010). Essentials of marketing research (Vol. 2). New York, NY: McGraw-Hill/Irwin.

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan wisatawan Pelanggan. Elex Media Komputindo.

Lin Chung-Hslen. (2012). Effect of Cuisine Experience, Psychologikal Well-Being, And Self-Health Perception on The Revisit Intention of Hot Springs Tourist. Journal of Hospitality & Tourism Research, 22, 12.

Martin, J. D., & Beerli, A. (2007). actors influencing destination image. Annals of Tourism Research, 31(3), 657. https://doi.org/10.1016/j.annals.2004.01.010

Moon, H., & Han, H. (2018). Destination Attributes Influencing Chinese Travelers’ Perceptions of Experience Quality and Intentions for Island Tourism: A Case of Jeju Island. Tourism Management Perspectives, 28(1) 71–8.

Moon, H., Yoon, H. J., & Han, H. (2018). Role of airport physical environments in the satisfaction generation process: Mediating the impact of traveller emotion. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 21(2), 193.

Poon, W. C., & Koay, K. Y. (2021). Hong Kong Protests and Tourism: Modelling Tourist Trust on Revisit Intention. Journal of Vacation Marketing, 27 (2): 21. https://doi.org/10.1177/1356766720987881

Rajaratnam. (2015). Destination Quality and Tourists’ Behavioural Intentions: Rural Tourist Destinations in Malaysia. Worldwide Hospitality and Tourism Themes, Vol. 7, No.

Sharma, P., & Nayak, J. K. (2018). Testing the role of tourists’ emotional experiences in predicting destination image, satisfaction, and behavioral intentions: A case of wellness tourism. Tourism Management Perspectives, Vol 12.

Sujali. (2008). Geografi Pariwisata dan Kepariwisataan. Diklat Universitas Gajah Mada.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata : Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Gava Media.

Uysal, M. S., & Ramkissoon, H. (2014). Current Issues in Tourism The effects of perceived authenticity, information search behaviour, motivation and destination imagery on cultural behavioural intentions of tourists. JTMA, Vol 16. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2012.09.003

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Audia Shifa Alifiana, & Ratna Roostika. (2023). Analisis Pengaruh Destination Quality Dan Destination Image Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Meaningful Tourism (Studi Pada Objek Wisata Di Kabupaten Klaten). EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(2), 155–168. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.867

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.