Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sucofindo Bagian SBU Mineral

Authors

  • Mina Yustika Saputri Universitas Jayabaya
  • Jakfar Jakfar Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.854

Keywords:

Kualitas Layanan; Kepuasan Pelanggan; SUCOFINDO.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan PT SUCOFINDO Bagian SBU Mineral. Sampel pada penelitian ini yaitu pelanggan yang berjumlah 87 orang dari populasi sejumlah 663. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode yang digukankan dalam melakukan analisis data yaitu analisis regresi linear sederhana dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh PT SUCOFINDO Bagian SBU Mineral.

References

Altinay, L., Song, H., Madanoglu, M., & Wang, X. L. (2019). The influence of customer-to-customer interactions on elderly consumers’ satisfaction and social well-being. International Journal of Hospitality Management, 78, 223– 233.

Anjani, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Sucofindo Cabang Banjarmasin. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Dubois, Kotler, Keller, & Manceau. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Edi, H. T. Y. T. S., & Anugrah, P. A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelanggan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Engel, C., & Rogers, J. H. (2004). European product market integration after the euro. Economic Policy, 19(39), 348–384.

Fadhli, K., Komari, M., Rahmatika, A. N., & Ismail, A. N. (2021). Pengaruh Pelanggan dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan CV. AFCO group jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 855–864.

Fandy, T. (1997). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Andi Yogyakarta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Kartika Yudha, I. P. G. M., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Daya Tarik Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang (Di Matahari Mall Bali Galeria Kuta). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1803. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i07.p02

Kotler, P., & Keller, K. L. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid.

Lovelock, C. H., & Wirtz, J. (2004). Services marketing: People, technology, strategy.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa: Teori dan praktek.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.

Nasution, J. D. (2003). Analisa Mutu Pelanggan Keperawatan dalam Shift Kerja di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Haji Medan 2002.

Panjaitan, F. A. B. K. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Melalui Kualitas Layanan, dan Citra Perusahaan. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 1(02).

Parasuraman, A., Berry, L., & Zeithaml, V. (2002). Refinement and reassessment of the SERVQUAL scale. Journal of Retailing, 67(4), 114.

Putri, A. R. M., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Sucofindo (Persero) Cabang Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 767–772.

Sajidah, R. S., & Aulia, P. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan Promosi terhadap kepuasan pelanggan pada layanan GrabFood. ProBank, 6(2), 179– 191.

Santosa, D. G. W., & Mashyuni, I. A. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Denpasar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(1), 290–302.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2006). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta, 299.

Syahfitri, M. N., & Kusnanto, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 216–237.

Tjiptono, F. (1997). Manajemen Jasa, 1996, Andi Offset, Yogyakarta. Prinsip- Prinsip Total Quality Service.

Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality dan Customer Satisfaction. Language, 20(436), 19X23cm.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran.

Usmara, A. (2003). Implementasi Manajemen Stratejik: Kebijakan dan Proses. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.

Verawaty, V., Saeni, N., Singkeruang, A. W. T. F., Kausar, A., & Mattarima, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. YUME: Journal of Management, 5(2), 238–253.

Widyana, S. F., & Firmansyah, H. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Converse. Pro Mark, 11(1), 11.

Windasuri, H. (2017). Excellent Service. Gramedia Pustaka Utama.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0. Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN Yogyakarta.

Yudha, I. P., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Daya Tarik Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang (Di Matahari Mall Bali Galeria Kuta). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1803–1834.

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Mina Yustika Saputri, & Jakfar Jakfar. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sucofindo Bagian SBU Mineral. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(2), 134–146. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.854

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.