Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Bongkar Muat Peti Kemas Di Pt. Ipc Terminal Peti Kemas Area Pontianak

Authors

  • Sulistyowati Sulistyowati Universitas Maritim AMNI
  • Sufyaan Abiyyi Wijaya Universitas Maritim AMNI

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i1.651

Keywords:

Transformasi Digital Port, Pasang Surut Air Laut, Sedimentasi Alur Pelayaran dan Keceptan Bongkar Muat Peti Kemas

Abstract

Kecepatan Bongkar Muat Peti Kemas merupakan salah satu masalah yang selalu mendapatkan perhatian serius di Pelabuhan peti kemas setiap Negara, Kinerja pelabuhan dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pelayanan pelabuhan kepada pengguna pelabuhan (kapal dan barang), yang tergantung pada waktu pelayanan kapal selama berada di pelabuhan. Kinerja pelabuhan yang tinggi menunjukkan bahwa pelabuhan dapat memberikan pelayanan yang baik. Transportasi laut menjadi transportasi utama dibidang perdagangan. Hampir 90% kegiatan perdagangan luar negeri dilakukan lewat laut. Angkutan barang yang dilakukan melewati laut menjadi sangat efisien karena daya angkut yang besar sehingga peran pelabuhan sebagai tempat dimana kapal dapat melakukan bongkar muat barang menjadi sangat penting dengan di tunjang sarana maupun prasarana yang memadai. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Analisis faktor-faktor  yang mempengaruhi Transformasi Digital Port, Pasang Surut Air Laut, Sedimentasi Alur Pelayaran terhadap Kecepatan Bongkar Maut Peti Kemas. Penelitian ini dilakukan pada Pelabuhan PT. IPC Terminal Peti Kemas Area Pontianak sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS V.25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis berganda dihasilkan persamaan : Y = 0.589 + 0,255 X1 + 0,259 X2 -0,412 X3 + µ Dimana variabel Kecepatan Bongkar Muat Peti Kemas (Y), Transformasi Digital Port (X1), Pasang Surut Air Laut (X2), dan Sedimentasi Alur Pelayaran (X3) diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan bongkar muat peti kemas sebagai variabel dependen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,584 menunjukkan bahwa 58,4 persen variabel kecepatan bongkar muat peti kemas dapat dijelaskan melalui ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 41,6 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

References

Adi Saputra Darmansyah1, Diah Isnaini Asiati, Omar Hendro. (2020) ” CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) IMPLEMENTATION OF CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALITY IN PT. INDONESIA PORT CORPORATION TERMINAL PETIKEMAS” Jurnal KOLEGIAL – Vol.8, No.1. Juni 2020.

Adris.A.Putra, Susanti Djalante. (2016) ” PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR PELABUHAN DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN” Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.6 No.1, Januari 2016.

Amalia Kartika Nurdianti, Warsito Atmodjo, Siddhi Saputro. (2016) ” STUDI BATIMETRI DAN KONDISI ALUR PELAYARAN DI MUARA SUNGAI KAPUAS KECIL, KALIMANTAN BARAT” JURNAL OSEANOGRAFI. Volume 5, Nomor 4, Halaman 530 – 545, Tahun 2016.

Arfena Deah Lestari, Suci Pramadita, dan Johnny M.T. Simatupang. (2017) ” SEDIMENTASI DI SUNGAI KAPUAS KECIL PONTIANAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT” Jurnal Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2017.

Aulia Nurhadini, Rafie, Muhammad Indrayadi. (2019) ” OPTIMASI PELAYANAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUHAN DWIKORA PONTIANAK” , Jurnal laut sipil, Vol. 6 No. 1, 2019.

Avinda Tria Vandhita, Dedy Hamdani, Desy Hanisa Putri. (2018) ” Rancang Bangun Sistem Telemetri Pengukuran Ketinggian Gelombang Pasang Surut Air Laut secara Realtime Menggunakan Arduino Uno” Jurnal Kumparan Fisika, Volume 1 Nomor 3 2018.

Dony Andrasmoro. (2018) PERAN WATERFRONT CITY PADA INDUSTRI PARIWISATA TAMAN ALUN KAPUAS KOTA PONTIANAK Jurnal Swarnabhumi Vol. 3, No.1, Februari 2018.

Haris Setiawan. (2012 Identifikasi Tingkat Pelayanan Pelabuhan Pontianak” Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Vol. x, No. xx: 59-68 Agustus 2012.

Johanes Kurniawan Liauw Desta Utami David Pandapotan Sirait. (2018) ” PENERAPAN IPC TERMINAL OPERATING SYSTEM DAN LAYANAN PETI KEMAS PELABUHAN TANJUNG PRIOK” Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik (JMBTL) Vol. 4 No. 3 Mei 2018.

Larsen Barasa, April Gunawan Malau, Arif Hidayat, Lili Purnamasita. (2018) ” Pengaruh Penggunaan Peralatan Bongkar Muat terhadap Produktifitas Bongkar Muat di PT. Pelindo II Cabang Pontianak” Jurnal METEOR STIP Marunda, Vol. 11, No. 2 ISSN:1979-4746 Desember 2018.

Muhammad Galih Wonoseto. (2020) ” Validasi Model Nilai Teknologi Informasi pada PT. Pelabuhan Indonesia II” Jurnal SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Vol. 6, No. 2, Desember 2020.

Nailis Sa’adah, Petrus Subardjo, Warsito Atmodjo, M. Furqon Aziz Ismail. (2015) ” LAJU SEDIMEN MENGGUNAKAN METODE ISOTOP 210Pb DI MUARA JUNGKAT PONTIANAK KALIMANTAN BARAT” JURNAL OSEANOGRAFI. Volume 4, Nomor 1, Halaman 48 – 54, Tahun 2015.

Prasadja Ricardianto, Syahrial Nasution, Maria Angelin Naiborhu, Wegit Triantoro. (2019) ” Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Pelabuhan Cerdas ( Smart Port) Nasional di Masa Revolusi Industri 4.0” Jurnal Warta Penelitian Perhubungan Vol. 32, No. 1: 59-68 2019.

Riyandita Aryani, Siddhi Saputro, Hariadi. (2016) ” SEBARAN MATERIAL PADATAN TERSUSPENSI BERDASARKAN PENGARUH ARUS DAN PASANG SURUT DI SEKITAR PERAIRAN MUARA SUNGAI KAPUAS KECIL, JUNGKAT, PONTIANAK” JURNAL OSEANOGRAFI. Volume 5, Nomor 4, Halaman 470 – 478, Tahun 2016.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Sulistyowati Sulistyowati, & Sufyaan Abiyyi Wijaya. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Bongkar Muat Peti Kemas Di Pt. Ipc Terminal Peti Kemas Area Pontianak. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(1), 207–236. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i1.651

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.