Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Keripik Talas DiKelurahan Sawagumu Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i2.237Keywords:
Pelatihan, Pemasaran, Label, Kripik Talas, WirausahaAbstract
Permasalah utama dalam penjualan ubi talas adalah ketika ubi talas panen melimpah, ubi talas tidak terserap oleh pasar, banyak ubi talas yang lama terjual bahkan tidak laku terjual. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para warga yang mengikuti kegiatan pelatihan mampu memproduksi atau mengolah ubi talas menjadi kripik talas yang diminati oleh para konsumen dan mampu menerapkan pemasaran dalam menjual produk. Metode Pelaksanaan Pengabdian, pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode penyuluhan, demostrasi dan praktek. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian kepada masayarakat dengan program pelatihan pengolahan dan pemasaran keripik talas di kelurahan Sawagumu ini adalah peningkatan keterampilan pengolahan ubi talas dengan rasa pedas manis dan original.
References
Dumadi, D., Arifianto, T., Utami, M. D., & Mulyani, I. D. (2021). Peningkatan Pengetahuan Mengenai Manfaat Pelabelan pada Kemasan Produksi Nugget Telor Asin. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 65–71. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.549
Farhandi, S., Hartiati, A., & Bambang Ahmadi H. (2016). KAREKTERISTIK MUTU PATI UBI TALAS (Colocaisa escuelenta) PADA PERBANDINGAN AIR DENGAN HANCURAN UBI TALAS DAN KONSENTRASI NATRIUM METABILSULFIT. Rekayasa Dan Management Agroindustri, 4(1), 62–71. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1351423&val=947&title
Firdaus, V., & Hasanah, H. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Disabilitas di Kabupaten Jember. Fenomena, 17(2), 263–286. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35719/feno.v17i2.776
Marganingsih, A., & Pelipa, E. D. (2017). PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Vox Edukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.42
Margolang, N. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. dedikasi: Journal of Community Engagment, 2018 - scholar.archive.org
Widodo, S. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ). Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 84–90. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546
Wulanningtyas, H. S., Sabda, M., Ondikeleuw, M., & Baliadi, Y. (2019). Keragaman Morfologi Talas (Colocasia esculenta L.) Lokal Papua (Variability on Morphological Characters the Papuan Locally Taro [Colocasia esculenta L.]). Buletin Plasma Nutfah, 25(2), 23–30. https://doi.org/DOI:10.21082/blpn.v25n2.2019.p23-30
Yanto, T. (2019). Pemahaman Pengertian Kreativitas, Inovasi Kewirausahaan Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi UKM Batik di Kabupaten Grobogan). Pawiyatan, XXVI(1), 17–24. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/806
Yasmeardi, F., Rizke, D., & Fernando, N. (2019). Pengaruh Inisiatif Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Public Administration, Buisness and Rural Development Planning, 1(2), 46–55. http://ejournal.stia-lppn.ac.id/index.php/journal/article/view/47/20