Analisis Pengaruh Media Sosial, Kepercayaan Konsumen, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Belanja Online Pada Siswa Kelas XI di SMK Kesehatan Surabaya

Authors

  • Senatriya Wahyu Ramadhan Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4659

Keywords:

Social Media, Consumer Trust, Price Perception

Abstract

The current era is vast, especially in the field of business and marketing. Activities carried out with new and sophisticated technology, various information is obtained to facilitate online purchases. This study aims to determine the influence of social media, consumer trust, and price perception on online shopping decisions in grade XI students of SMK Kesehatan Surabaya. The sample used in this study was 110 respondents. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method. The method used in this study is quantitative. The data analysis technique used to test the deep hypothesis is multiple linear regression analysis. Test results (F) show that social media, consumer trust, and price perception simultaneously have a significant influence on online shopping decisions. The results of the (t) test showed that social media and price perception had a partial significant effect smaller than 0.05, while consumer confidence did not have a significant effect on online shopping decisions because the significance value was greater than 0.05. The results of hypothesis testing on the price perception variable (X3) have the most dominant influence on online shopping decisions (Y).

References

Anggreini, R. D., & Suparwati, S. (2020). Pengaruh media sosial dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online di Adorable Projects Cimahi Jawa Barat. Jurnal Bisnis Indonesia, 11(1).

Aziz Sholeh, A., et al. (2024). Kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Insolent Raya di Surabaya. Journal of Management and Creative Business, 2(1), 82–96.

Bawono, A., Isanawikrama, I., Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh perilaku konsumen, brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian online pada situs belanja online (Studi kasus pada situs belanja online XYZ). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15–30.

Fuadah, Z. (2021). Pengaruh promosi, persepsi harga, kepercayaan dan keragaman produk terhadap minat beli konsumen saat pandemi COVID-19 (Studi kasus pada mahasiswa pengguna Shopee di Universitas Muhammadiyah Magelang) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang].

Kartika, T. G. M., Darmansyah, D., & Anwar, S. (2014). Pengaruh kualitas produk, kepercayaan konsumen dan pengetahuan tentang media sosial internet terhadap minat beli konsumen online. Jurnal Bisnis [Skripsi, Universitas Bengkulu].

Khoeriah, A. N. (2019). Pengaruh persepsi harga, kepercayaan konsumen dan kualitas web terhadap minat beli online (Studi konsumen Bekasi yang berbelanja di situs jual beli online Tokopedia.com) [Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta].

Kristiawati, et al. (2019). Citra merek persepsi harga dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Indomaret Lontar Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen (JMM 17), 6(2), 27–36.

Lestari, I. T., & Widyastuti, W. (2019). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan belanja online (Studi pada pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 478–484.

Maisaroh, S., & Wibisono, T. (2022). Pengaruh media sosial, kepercayaan, dan persepsi manfaat terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 16–29.

Putri, A. R., & Susanti, A. (2022). Pengaruh e-commerce, sosial media, dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli pada aplikasi belanja Shopee. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(1), 20–33.

Setiawati, D. (2023). Pengaruh gaya hidup digital, promosi dan kepercayaan konsumen terhadap intensitas belanja online pada TikTok Shop (Studi kasus Generasi Z pengguna TikTok di Purwokerto) [Skripsi, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri].

Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128–147.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.

Tores, R., & Oemar, U. (2020). Pengaruh kepercayaan dan harga terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial Instagram pada mahasiswa STIE Rahmaniyah. Jurnal Manajemen Kompeten, 2(2).

Ulfa, M. (2018). Pengaruh media sosial komunikasi pemasaran terhadap sikap konsumen Generasi Z di Yogyakarta [Skripsi, tidak disebutkan institusinya].

Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). Budaya belanja online Generasi Z dan Generasi Milenial di Jawa Tengah (Studi kasus produk kecantikan di online shop Beauty by Asame). Scriptura, 12(1), 58–71.

Wulandari, E. A. (2023). Pengaruh persepsi harga dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli secara online (Studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang pengguna Shopee).

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Senatriya Wahyu Ramadhan. (2025). Analisis Pengaruh Media Sosial, Kepercayaan Konsumen, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Belanja Online Pada Siswa Kelas XI di SMK Kesehatan Surabaya. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 12(2), 1595–1611. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4659

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 

You may also start an advanced similarity search for this article.