Analisis Peran Pemilik Objek Pariwisata dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Lembah Curugan Gunung Putri

Authors

  • Mohammad Zein Alfiansyah Universitas Teknologi Digital Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4425

Keywords:

Communication, Facilities, Service Excellence

Abstract

This study aims to investigate the involvement of tourism site owners in enhancing the service quality at Lembah Curugan Gunung Putri. A qualitative approach with a descriptive method was employed in this research. Four key informants were selected purposively, including the owner, manager, a full-time staff member, and a daily worker. Data collection was carried out through in-depth interviews, direct observation, and document analysis. The findings reveal that the owner's role in improving service quality has not been fully optimized. The main contributing factors are the lack of effective communication between the owner and the staff, as well as insufficient facilities and infrastructure.  

References

Ahmad, F. (2016, November 16). Sistem informasi pelayanan tamu berbasis web pada Lembah Curugan Gunung Putri. Unikom Repository. https://repository.unikom.ac.id/28292/

Anigomang, F. R., Tang, S. A., & Maruli, E. (2023). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 698–709. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3800

Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2008). Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(2), 124–135. https://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/17039

Cahyono, U. T., Maarif, M. S., & Suharjono, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan di perusahaan daerah perkebunan Jember. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 11(2), 68–76. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/9044

Fauziah, N. I. (2018). Perubahan sosial masyarakat desa di kawasan wisata Curugan Gunung Putri: Penelitian di Desa Mukapayung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat [Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati]. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. https://digilib.uinsgd.ac.id/8676/

Kasinem. (2021). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/5096

Nugraha, R. N., & Manjorang, F. B. (2022). Kajian kelengkapan fasilitas, sarana, dan prasarana terhadap kepuasan wisatawan di destinasi wisata Museum di Tengah Kebun Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6507–6518. https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIP/article/view/2106

Purwaningsih, R. M. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan pemandu wisata terhadap kepuasan wisatawan di Candi Prambanan: Tinjauan khusus pada kemampuan berbahasa verbal. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(3). https://journal.ugm.ac.id/tourism_pariwisata/article/view/6688 https://doi.org/10.22146/jnp.6688

Putri, D., & Syamsiyah, N. R. (2022). Identifikasi ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana di kawasan wisata kuliner Pati. Prosiding SIAR: Seminar Ilmiah Arsitektur. https://proceedings.ums.ac.id/siar/article/view/994

Rinala, I. N., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/916

Rosita, M., Syahrial, N., & Wulan, D. (2016). Pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort & Leisure, 13(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/jurel/article/view/2134 https://doi.org/10.17509/jurel.v13i1.2134

Umur, S. A., Prihatini, A. E., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali destinasi pariwisata. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 641–650.

Widjaja, H. R., Musawantoro, M., & Ridwan, M. (2021). Inventarisasi sarana dan prasarana, daya tarik wisata Kabupaten Barru dengan pemodelan sistem informasi geografis. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 94–103. https://journal.poltekparmakassar.ac.id/index.php/pusaka/article/view/52

Widjianto, T. (2019). Pengaruh daya tarik wisata, citra wisata, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan di objek wisata Ketep Pass [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/237206528.pdf

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Mohammad Zein Alfiansyah. (2025). Analisis Peran Pemilik Objek Pariwisata dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Lembah Curugan Gunung Putri. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 12(2), 474–500. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4425

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.