PENGARUH PELAYANAN PETUGAS KANTOR DEPAN (Front Office Department) KEPADA CUSTOMER TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR HOTEL (Room Occupancy)

Authors

  • Ramansyah Hidayat Universitas 45 Surabaya
  • Retno Susanti Universitas 45 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v3i2.553

Keywords:

Pelayanan, kantor depan, tingkat hunian, hotel.

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh pelayanan staf front office terhadap tamu terhadap tingkat hunian kamar hotel Surabaya XX, agar tamu mendapatkan semua yang telah dijanjikan oleh pihak hotel dan mewujudkan tujuan dari sebuah hotel agar tamu tersebut datang kembali. Dalam hal ini tidak terlepas dari bagaimana petugas memberikan pelayanan kepada tamu baik dari departemen front office maupun departemen lainnya. Penulisan Tugas Akhir ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi terkait pemberian pelayanan kepada tamu hotel. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa departemen front office hotel Surabaya XX memiliki peran yang signifikan dalam memberikan pelayanan kepada tamu, karena departemen front office berhubungan langsung dengan tamu dan akan memberikan kesan pertama dan terakhir kepada tamu yang datang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah staff front office hotel surabaya XX mampu memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga tingkat hunian kamar hotel semakin tinggi, staff departemen front office dan departemen lainnya konsisten dalam memberikan yang terbaik melayani. sehingga hotel tidak pernah sepi dan terbukti banyak tamu hotel yang menjadi pelanggan yang sudah berbulan-bulan datang kembali untuk menginap di hotel surabaya XX.

References

Hadipranata. 2000. Peran Psikologi Di Indonesia . Yogyakarta: UGM

Kotler Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

. .1994 Marketting Management : Analysis,Planning, Implementation, control. Ed.8, New jersey: Prantice Hall, Inc.

Prakoso Aji Prasetyo. 2017. Front Office Praktis Administrasi Dan Prosedur Kerja. Yogyakarta: Gava Media.

Sambodo Agus & Bagyono. 2005. Dasar-Dasar Kantor Depan . Surakarta: Andi.

Sutopo dan Suryanto, Adi. 2003. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Admiistasi Negara Republik Indonesia.

Sugiarto Endar. 2002. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang Undang Pelayanan Publik (Republik Indonesia, 2007)

Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Produk Kualitas Dan Jasa. Jakarta: Ekonisia.

Yoeti.A. Oka 2001. Perhotelan . Bandung : Gramedia.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ramansyah Hidayat, & Retno Susanti. (2022). PENGARUH PELAYANAN PETUGAS KANTOR DEPAN (Front Office Department) KEPADA CUSTOMER TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR HOTEL (Room Occupancy) . Akuntansi \’45, 3(2), 89–95. https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v3i2.553

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.