BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALTERNATIF ALAT UKUR KINERJA PADA KOPERASI
DOI:
https://doi.org/10.30640/akuntansi45.v3i1.197Keywords:
Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja yang di ukur dan dianalisa dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah mengukur kinerja organisasi dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tulisan ini menitikberatkan pada bagaimana penerapan konsep Balanced Scorcard pada salah satu koperasi. Berbagai kendala dan permasalahan yang timbul dari penerapan Balance Scorecard menjadi masukan bagi Institusi. Konsep ini membantu Institusi untuk melakukan pengukuran kinerja secara lebih komprehensif dan akurat.
References
Al, S. Y. et. (2003). Petunjuk Praktis Penyusunan Balance Scorecard,. Gramedia Pustaka Utama.
Hendar, dan K. (2010). Ekonomi Koperasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Indonesia, I. A. (2012). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan : Akuntansi Perkoperasian. Divisi Publikasi Ikatan Akuntan Indonesia Inernational Cooperative Alliance http://www.coop.org.
Istanti, E. (2020). EVALUASI PROSEDUR PENGENDALIAN INTERN ATAS PIUTANG USAHA PADA PT SPS (DEPO GEDANGAN). Akuntansi’45, 1(1), 1–7. https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/akuntansi45/article/view/64
Istanti, E., 1), Negoro, R. B. K., & 2). (2021). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN INDIKATOR KEBANGKRUTAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN SERTA KELANGSUNGAN PADA PT BAYU BUANA Tbk. Akuntansi 45, 2(2), 53–59.
Kaplan, R. S. and D. P. N. (1996). The Balanced Scorecard:Translating Strategy Into Actions. Harvard Business School Press.
Merchant, K. A. (1998). Modern Management Control Sytem: Text and Cases.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
RM. Bramastyo KN1), E. I. (2020). PENGARUH PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 23TAHUN 2018TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAKUSAHA MIKRO KECIL MENENGAH. Akuntansi 45, 1(2), 68–74. https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/akuntansi45/article/view/96/80
Soetjipto, B. W. (2000). “Mengukur Kinerja Bisnis dengan Balanced Scorecard” Manajemen Usahawan Indonesia.
Sugiyono, F. X. (2017). Neraca pembayaran: Konsep, Metodologi dan penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Sugiyono, P. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.
Sutopo, S., A, Istanti, E., B, Firmansyah, M. R., & C. (2021). PENDAPATAN TERHADAP LAPORAN LABA RUGI PADA PT . INDO ZINC DIECASTING DI GRESIK. JURNAL JAEMB, 1(3), 83–93.