Penyuluhan Pemanasan dan Penguatan Otot Pergelangan Tangan Serta Lengan untuk Pemain Nunchaku di Stadion Manahan

Authors

  • Wahyu Tri Sudaryanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nabila Ayundasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Halimatus Sa’diah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Devi Arthamevia Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i2.275

Keywords:

Pemanasan, Penguatan Otot, Pemain Nunchaku

Abstract

Indonesia Nunchaku Club adalah perkumpulan para penggemar Nunchaku di Indonesia. Pemain Nunchaku berfokus pada penggunaan tangan berlebih selama beberapa jam  sehingga pemanasan menjadi hal yang penting sebelum melakukan permainan Nunchaku tersebut. Pemanasan merupakan suatu aktivitas yang perlu dilakukan sebelum melakukan aktifitas yang lebih berat. Tujuan dari pemanasan ini adalah meningkatkan sirkulasi peredaran darah, mengembangkan paru-paru dan meningkatkan detak jantung secara bertahap. Kekuatan otot lengan adalah kemampuan otot lengan atau sekelompok  otot  lengan seseorang dalam mengerahkan tenaga secara maksimal untuk melakukan  kontraksi  atau gerakan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pemain Nunchaku akan pentingnya pemanasan dan penguatan otot pergelangan tangan sebelum memulai latihan. Penyuluhan ini menggunakan metode ceramah menggunakan media poster dan leaflet. Evaluasi pengetahuan tentang pemanasan dan penguatan otot pergelangan tangan dilakukan dengan menggunakan kuesioner baik sebelum maupun sesudah proses penyampaian materi. Dalam Penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan pemahaman komunitas Nunchaku mengenai pentingnya pemanasan sebelum latihan.

References

Jatra, R., Sari, M., Haqqi, M., Muafa, F. F., Importance, T., Heating, O., Activities, C., Exercise, I., Sports, I., District, I. D., & Regency, S. (2022). Pada Guru Olahraga Dayaun. 5(1).

Syafari, M. L. M. F. (2020). Bugar Dengan Gerak Berirama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Firdaus, & Hazrati, I. L. (2013). Pengenalan Seni Bela Diri Pada Anak-Anak Dan Remaja Desa Untuk Menambah Aktivitas Positif Pada. Seri Pengabdian Masyarakat, 2(2), 77–81. http://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7854/6804

Barakat, N. (2018). Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Fleksibilitas Pergelangan Tangan Terhadap Ketepatan Servis Long Forehand Di Ekstrakurikuler Bulutangkis Sma Negeri 1 Kota Sukabumi Tahun 2018. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sungai Penuh [email protected], 4(1), 16–19.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Wahyu Tri Sudaryanto, Nabila Ayundasari, Halimatus Sa’diah, & Devi Arthamevia. (2022). Penyuluhan Pemanasan dan Penguatan Otot Pergelangan Tangan Serta Lengan untuk Pemain Nunchaku di Stadion Manahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 127–131. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i2.275

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>