Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Keripik Talas DiKelurahan Sawagumu Kota Sorong

Authors

  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong https://orcid.org/0000-0003-4791-6035
  • Rais Dera Pura Rawi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ramli Lewenussa Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wisang Candra Bintari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mitta Muthia Wangsih Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nurul Hidayah Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i2.237

Keywords:

Pelatihan, Pemasaran, Label, Kripik Talas, Wirausaha

Abstract

Permasalah utama dalam penjualan ubi talas adalah ketika ubi talas panen melimpah, ubi talas tidak terserap oleh pasar, banyak ubi talas yang lama terjual bahkan tidak laku terjual. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para warga yang mengikuti kegiatan pelatihan mampu memproduksi atau mengolah ubi talas menjadi kripik talas yang diminati oleh para konsumen dan mampu menerapkan pemasaran dalam menjual produk. Metode Pelaksanaan Pengabdian, pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode penyuluhan, demostrasi dan praktek. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian kepada masayarakat dengan program pelatihan pengolahan dan pemasaran keripik talas di kelurahan Sawagumu ini adalah peningkatan keterampilan pengolahan ubi talas dengan rasa pedas manis dan original.

References

Dumadi, D., Arifianto, T., Utami, M. D., & Mulyani, I. D. (2021). Peningkatan Pengetahuan Mengenai Manfaat Pelabelan pada Kemasan Produksi Nugget Telor Asin. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 65–71. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.549

Farhandi, S., Hartiati, A., & Bambang Ahmadi H. (2016). KAREKTERISTIK MUTU PATI UBI TALAS (Colocaisa escuelenta) PADA PERBANDINGAN AIR DENGAN HANCURAN UBI TALAS DAN KONSENTRASI NATRIUM METABILSULFIT. Rekayasa Dan Management Agroindustri, 4(1), 62–71. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1351423&val=947&title

Firdaus, V., & Hasanah, H. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Disabilitas di Kabupaten Jember. Fenomena, 17(2), 263–286. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35719/feno.v17i2.776

Marganingsih, A., & Pelipa, E. D. (2017). PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Vox Edukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.42

Margolang, N. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. dedikasi: Journal of Community Engagment, 2018 - scholar.archive.org

Widodo, S. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ). Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 84–90. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546

Wulanningtyas, H. S., Sabda, M., Ondikeleuw, M., & Baliadi, Y. (2019). Keragaman Morfologi Talas (Colocasia esculenta L.) Lokal Papua (Variability on Morphological Characters the Papuan Locally Taro [Colocasia esculenta L.]). Buletin Plasma Nutfah, 25(2), 23–30. https://doi.org/DOI:10.21082/blpn.v25n2.2019.p23-30

Yanto, T. (2019). Pemahaman Pengertian Kreativitas, Inovasi Kewirausahaan Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi UKM Batik di Kabupaten Grobogan). Pawiyatan, XXVI(1), 17–24. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/806

Yasmeardi, F., Rizke, D., & Fernando, N. (2019). Pengaruh Inisiatif Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Public Administration, Buisness and Rural Development Planning, 1(2), 46–55. http://ejournal.stia-lppn.ac.id/index.php/journal/article/view/47/20

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

-, S. S., -, R. D. P. R., -, R. L., -, W. C. B., -, M. M. W., & -, N. H. (2022). Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Keripik Talas DiKelurahan Sawagumu Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i2.237

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)