BLENDED LEARNING SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Ayu Lestari Universitas Sains Al-Qur’an
  • Isna Lailatul Mufarohah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Fenia Taasa Wati Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ahmad Khoiri Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.190

Keywords:

SMP Istiqomah Sambas, Blended Learning, New normal

Abstract

Di era new normal seperti sekarang ini, metode pembelajaran blended learning menjadi solusi pembelajaran yang tepat. Metode yang menggabungkan antara sistem pembelajaran tatap muka dan sistem pembelajaran online ini diharapkan mampu memberikan optimalitas dalam proses pembelajaran. Dimana peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran secara tatap muka dapat mengikuti pembelajaran secara online, sehingga peserta didik dapat memperoleh materi pembelajaran yang sama dan diwaktu yang bersamaan pula, disinilah kelebihan daripada metode blended learning. SMP Istiqomah Sambas sebagai salah satu sekolah unggulan di Jawa Tengah juga menerapkan metode pembelajaran Blended Learning sebagai metode pengajaran mereka.  Di SMP Istiqomah Sambas menunjukkan proses pembelajaran berjalan dengan baik berdasarkan hasil pemahaman siswa yang mencapai 75%. Sehingga metode Blended Learnig efektif digunakan untuk proses pembelajaran di era new normal.

 

References

Inggaryaning, Ririn, and Ahmad Khoiri. 2021. “SISWA MELALUI PERILAKU DISIPLIN DI MI MAARIF KLIWONAN WONOSOBO TAHUN 2020 / 2021 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan , Pendidikan Fisika , Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan , Abstrak Kajian Teori Karakter Adalah Sua.” 3:38–52.

Khoiri, A. 2016. “Local Wisdom PAUD to Grow Student’s Soft Skills (Study Cash: Development RKH On Science Learning).” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 5(1):14–17.

Nulngafan, Nulngafan, and Ahmad Khoiri. 2021. “Analisis Kesiapan Dan Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Ipa Berbasis Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 8(1):10–17.

Susilawati, Susilawati, Ishafit Ishafit, and Eni Setyawati. 2019. “Development Student Worksheet in the Topic of Regular Circular Motion with Blended Learning Based Edmodo as Learning Motivations for Student.” Indonesian Review of Physics 2(2):28.

WJ Hartono, H Wijoyo, F Wongso, A Khoiri, D Sunarsi, G. Kusjono. 2021. “Students’ Perceptions of Student Council Activity in New Normal Era at Junior High School.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research (May):67–80.

Ikmal,Hepi, dkk. 2021. Blended Learning sebagai Solusi dalam Pembelajaran di Era New Pandemi. Jawa Timur : Nawa Litera Publishing.

Sutia. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Prawanti, dkk. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/603/521 diakses pada Rabu, 22 Desember 2021. Pukul 13.30 WIB

Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar dan Pembelajaran. IAIN Padang Sidimpuan. Vol.03 No 2. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/download/945/795 diakses pada Rabu, 22 Desember 2021. Pukul 13.30 WIB

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Ayu Lestari, Isna Lailatul Mufarohah, Fenia Taasa Wati, & Ahmad Khoiri. (2022). BLENDED LEARNING SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.190

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.