PERAN KOKURIKULER DAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Authors

  • Anissa Valenia Samputri Universitas Sains Al-Qur’an
  • Arina Mayang Fanguna Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ahmad Khoiri Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.191

Keywords:

Prestasi, Ekstrakurikuler, Kokurikuler

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kokurikuler dan ekstrakurikuler terhadap prestasi siswa SMP Istiqomah sambas Purbalingga. Setiap Sekolah pasti memiliki harapan agar setiap peserta didiknya dapat mencapai prestasi yang baik selama berada di sekolah tersebut. Dari prestasi-prestasi inilah yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan seorang pendidik. Kegiatan kokurikuler dimaksudkan sebagai penunjang dan pendukung dari kegiatan belajar mengajar dikelas atau intrakurikuler. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan diri yang ditujukan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik yang dilaksanakan di luar jam mata pelajaran sekolah. Dengan adanya kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler peserta didik dapat bertambah wawasan serta ilmu terkait mata pelajaran, peserta didik dapat menyalurkan bakat, minat serta potensi yang ada dalam diri peserta didik. Setelah mengikuti kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, peserta didik diharapkan mampu mencapai prestasi belajar siswa baik di akademik maupun non akademik, biasanya peserta didik yang pandai dalam bersosialisasi, berkomunikasi dan berorganisasi merupakan peserta didik yang aktif dalam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.

 

References

Dian Anggraini, Eti Nur Qori’ah, Ahmad Fera Prasetyaningrum, Dwi, Khoiri, and Ikhwandi Arifin. 2021. “Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah GURU INSPIRATIF DI MASA PANDEMI.” 1–11.

Gantina, Nina, and Ahmad Khoiri. 2020. “Apakah Learning Start with a Question Efektif Digunakan Dalam Microteaching?: Eksperimen Pada Calon Guru Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 7(2):152–61.

Imam, H. 2021. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Di Smp Istiqomah Sambas Purbalingga.

Jauharotul Insiyyah , Sri Jumini, Ahmad Khoiri. 2019. “RADIASI : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika RADIASI : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika.” Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 12(2):76–83.

Khoiri, A. 2020. “Analisis Kritis Pendidikan Sains Di Indonesia: (Problematika, Solusi Dan Model Keterpaduan Sains Dasar).” SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains 6(1):19.

Khoiri, A., Q. Agussuryani, and P. Hartini. 2017. “Penumbuhan Karakter Islami Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 2(1):19.

Faisal, Sanapiah. 2001. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta : Grasindo.

Heksa, Afrita. 2021. Ekstrakurikuler IPA berbasis sainpreneur. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Inriyani, Y., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. (2017, June). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Lutan, R. 1986. Pengelolaan Interaksi Belajar Mengajar Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 120-129.

Pora, Yusran. 2004. Selamat Tinggal Sekolah. Yogyakarta: Media Pressindo.

Surakhmad, Winarno. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah (Dasar, Metode, Teknik). Bandung : Tarsito.

Yahya, Tsaqif. 2021. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid 19. Yogyakarta: UAD Press.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Anissa Valenia Samputri, Arina Mayang Fanguna, & Ahmad Khoiri. (2022). PERAN KOKURIKULER DAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI SMP ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.191

Most read articles by the same author(s)