SOSIALISASI STUNTING DAN INTERVENSI PENCEGAHAN STUNTING ERA NEW NORMAL DI DESA KRINJING, WATUMALANG

Authors

  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Universitas Sains Al-Qur’an
  • Misyono Universitas Sains Al-Qur’an
  • Erna khusna Zifani Universitas Sains Al-Qur’an
  • Siti Mahmudah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Mohammad Fakih Udin Universitas Sains Al-Qur’an
  • Achmad Solihudin Universitas Sains Al-Qur’an
  • Difa Fatihatul Munawaroh
  • Leni Sulestari Universitas Sains Al-Qur’an
  • Mukhammad Irza Ivaliyanto Universitas Sains Al-Qur’an
  • M.Salafudin Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.188

Keywords:

sosialisasi, new normal, Stunting

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan yang banyak ditemukan di negara berkembang, termasuk Indonesia. Prevalensi stunting di Indonesia menempati peringkat kelima terbesar di dunia. Stunting merupakan gangguan pertumbuhan linier yang disebabkan kurang gizi yang berlangsung kronis. Masyarakat yang tinggal di daerah-daerah terpencil kurang mendapat perhatian dari dinas Kesehatan setempat sehingga penderita stunting belum mendapatkan penanganan yang semestinya. Saat ini, Indonesia sudah memasuki era new normal dimana aktivitas masyarakat berjalan seperti sediakala, baik itu pusat pemerintahan, instansi pendidikan, instansi kesehatan dan lainnya. Hal tersebut melatarbelakangi kami untuk  mengadakan  program sosialisasi stunting khususnya di Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang. Artikel ini bertujuan memberikan informasi terkait sosialisasi stunting dan intervensi pencegahan stunting pada anak yaitu dengan membantu memberikan layanan informasi dari dinas Kesehatan setempat kepada masyarakat guna mengajak masyarakat melakukan gerakan hidup sehat. Dengan demikian, sosialisasi ini cukup efektif untuk memberikan informasi tentang cara mencegah dan mengurangi kejadian stunting pada anak. Dengan diadakannya sosialisasi stunting di Desa Krinjing, kesadaran masyarakat terkait tumbuh kembang anak semakin meningkat, sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya stunting dan menurunkan persentase stunting di Indonesia khususnya di Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo.

 

References

Sulastri D. Faktor determinan kejadian stunting pada anak usia sekolah di kecamatan lubuk kilangan Kota Padang. J Kesehat - Maj Kedokt Andalas. 2012;36(1):39–50.

Nasution and Musyabiq, “Intervensi Pencegahan Stunting Melalui Peningkatan Pemahaman Stunting Bagi Kader Posyandu Sebagai Upaya Optimalisasi Peran Kader Posyandu di Masyarakat Kelurahan Tanjung Raya Bandar Lampung.” , 2020.

Sutarto, “Stunting, Faktor Resiko Dan Pencegahannya.”

Hitman et al., “PENYULUHAN PENCEGAHAN STUNTING PADA ANAK.” 2021.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Mila Fursiana Salma Musfiroh, Misyono, Erna khusna Zifani, Siti Mahmudah, Mohammad Fakih Udin, Achmad Solihudin, … M.Salafudin. (2022). SOSIALISASI STUNTING DAN INTERVENSI PENCEGAHAN STUNTING ERA NEW NORMAL DI DESA KRINJING, WATUMALANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.188

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.