Pengaruh Pelatihan Kerja, Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Harmoni Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.952Keywords:
Pelatihan Kerja, Pengembangan SDM, Kompetensi, Kinerja KaryawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Kerja, Pengembangan SDM dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Harmoni Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dengan sampel 40 responden Hotel Harmoni Tasikmalaya berdasarkan 40 data populasi yang diketahui. Data yang digunakan adalah data primer. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi support SPSS versi 25. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial Pelatihan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan, variabel Pengembangan SDM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, begitu juga dengan variabel Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Secara simultan Pelatihan Kerja, Pengembangan SDM dan Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
References
Afandi. (2018). Manjemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Hasibuan, Malayu S.P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah (Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional). Jakarta : Kencana.
Masram. (2017). Manajemen Sumber Daya Profesional. Zifatama Publisher. Sidoarjo.
Nasri, H. (2018). Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Sekecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Mirai Management Vol.3 No.1.
Sugiarti. (2016). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Padma Ardya Aktuaria Jakarta. Jurnal Epigram, 13(1), 13–20.
Sugiyono. (2016). 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Wibowo. (2019). Manajemen dari Fungsi Dasar ke Inovasi (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.