Pelatihan Pembukuan Sederhana Dan Sistem Manajemen Dalam Rangka Peningkatan Pengelolaan Pada BUMDes Di Desa Kaliburu

Authors

  • Arfanda Patirai P Universitas Tadulako
  • Niluh Putu Evvy Rossanty Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.933

Keywords:

BUMDes, Pelatihan, Pembukuan Sederhana, Manajemen

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat melalui pelatihan pembukuan sederhana dan sistem manajamen pada badan usaha milik desa atau BUMDes di Desa Kaliburu. BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa merupakan lembaga usaha yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa, dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Adapun unit usaha yang ada pada BUMDes Desa Kaliburu diantaranya: 1) Unit penjualan tabung gas LPG, 2) unit simpan pinjam, 3) unit penjualan beras, 4) unit sewa mobil, 5) unit sewa kursi dan lampu. Sayangnya, dalam melalukan kegiatan usahanya, pengelola BUMDes belum memahami dan menerapkan sistem manajemen yang baik serta belum melakukan pembukuan atau pencatatan keuangan dengan benar, sehingga perlunya diadakan pelatihan pembukuan sederhana dan sistem manajemen guna mengedukasi pengelola BUMDes dengan tema menuju BUMDes berdaya saing. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan ini bertujuan untuk: 1) memberikan pelatihan kepada pengelola atau pengurus BUMDes serta perangkat desa lainnya tentang pembukan sederhana dan sistem manajemen, 2) memberikan motivasi, berupa pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan pembukuan dan sistem manajemen. Adapun hasil yang dicapai dalam kegiatan ini: 1) peserta pelatihan memahami dasar-dasar pembukuan, 2) peserta mengetahui dasar dasar manajemen, 3) peserta pelatihan memiliki pengetahuan dan keterampilan baru dalam memisahkan antara keuangan pribadi dan usaha, 4) peserta mengetahui bagaimana cara mengelola usaha yang baik dan benar, 5) peserta pelatihan dapat mengetahui perkembangan usahanya melalui pembukuan yang baik dan sistematik.

References

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3.

Mustanir, A. (2019). Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa Melalui Kelompok Ekonomi Kewirausahaan Secara Partisipatif. OSF Preprints, 5.

Nurcahya, E. (2019). Tugas Pemerintah Dalam Menyelesaikan Masalah–Masalah Sosial: Tinjauan Mengenai Masalah Badan Usaha Milik Desa. Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 1-7.

Pradnyani, N. L. (2019). Peranan badan usaha milik desa (Bumdes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Tibubeneng Kuta Utara. Jurnal Riset Akuntansi, 39-47.

Putri, A. V., & Ali, D. S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Coffee Shop Kopi Tuli. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 99.

Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Sayuti, A. T. (2019). Peran Notaris dalam Pendirian Badan Usaha Milik Desa:(BUM DESA). Recital Review, 142.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, K. S., Tripalupi, L. E., & Meitriana, M. A. (2019). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam peningkatan kesejahteraan anggota ditinjau melalui kewirausahaan sosial. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 498-508.

Downloads

Published

2023-04-16

How to Cite

Arfanda Patirai P, Niluh Putu Evvy Rossanty, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). Pelatihan Pembukuan Sederhana Dan Sistem Manajemen Dalam Rangka Peningkatan Pengelolaan Pada BUMDes Di Desa Kaliburu . Journal of Management and Creative Business, 1(2), 146–155. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.933