Peran Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Strategi Bauran Pemasaran Aura Bedda Lotong
DOI:
https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.835Keywords:
Peran SDM, Bauran pemasaran, Analisis SWOT.Abstract
Penelitian ini berjudul peran sumber daya manusia (SDM) dalam strategi bauran pemasaran Aura Bedda Lotong. Aura Bedda Lotong adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang perawatan kulit. Dimana saat ini mempunyai kulit yang sehat dan bersih menjadi impian semua orang. Salah satu perawatan kulit yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan lulur dan masker. Aura Bedda Lotong merupakan produk lulur dan masker yang berbahan dasar alami yang mempunyai banyak manfaat untuk perawatan kulit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran sumber daya manusia (SDM) terhadap strategi bauran pemasaran Aura Bedda Lotong dan untuk mengidentifikasikan faktor internal, faktor eksternal dan merumuskan alternatif strategi yang digunakan Aura Bedda Lotong. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threats). Hasil penelitian menunjukan bahwa salah satu Alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh usaha Aura Bedda Lotong yaitu strategi bauran pemasaran dan sumber daya manusia berperan menentukan strategi bauran pemasaran yaitu untuk menentukan produk yang akan dijual, memutuskan harga produk, tempat usaha, dan promosi yang akan dilakukan.
References
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Eka, D., Diah, Y. M., Taufik, T., Bunga, C. A. C., Putriana, V. N., Febianti, D., Sari, D. P., Rosalinda, R., & Arifuddin, Z. (2022). Peranan Kompetensi SDM dalam Meningkatkan Industri UMKM di Kecamatan Ilir Barat II Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1), 39–44.
Giri Sumantri Putra, Nana Darna, I. S. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P (Suatu Studi Pada CV. Sportwear Di Kota Bandung. Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4p.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2016). Dasar–Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta : Erlangga
Nafiah, Elmi Ulin & Ruliq Suryanigsih. (2022). Analisis SWOT Sebagai Upaya Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Depot Air Minum Isi Ulang Tirto Utomo Siwalan Mlarak Ponorogo. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 2, No. 1, 43-62.
Paraswati, S. N. & Laily, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Bisnis Wanita Batik Mangrove Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(3), 1-16.
Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis Swot: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating Dan Ocai. Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Sulistyandari, S., Widiastuti, E., & Martini, S. (2017). Kompetensi SDM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM Batik di Kabupaten Banyumas. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 23(2), 89-101.