Penerapan Strategi Branding Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Usaha Aura Bedda Lotong
DOI:
https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.834Keywords:
Strategi branding, kemasan, pendapatan, bedda lotong.Abstract
Pada era digitalisasi dan teknologi, peningkatan branding sebagai salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk diterapkan. Branding sendiri merupakan bagian paling dasar dari kegiatan pemasaran. Branding merupakan aktivitas mengkomunikasikan, membangun atau membesarkan sebuah brand atau merek. Salah satu penerapan dari sebuah branding adalah kemasan, kemasan berfungsi sebagai sarana promosi karena kemasan dapat melindungi dan memudahkan dalam penggunaan produk serta menambah nilai jual dan promosi produk itu. Pada penelitian ini fokus terhadap strategi branding yang dilakukan oleh Aura Bedda Lotong. Aura Bedda Lotong merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang perawatan kulit. Produk yang ditawarkan adalah produk lulur dan masker berbahan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana proses dari branding yang dilakukan Aura Bedda Lotong dalam upaya meningkatkan pendapatan dan untuk mengidentifikasi faktor internal, faktor eksternal dan merumuskan alternatif strategi yang digunakan Aura Bedda Lotong. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threats). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi branding menjadi salah satu alternatif strategi yang diterapkan usaha Aura Bedda Lotong dalam meningkatkan pendapatannya.
References
Galavan, R. (2014), Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks.
Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016), Marketing Management -15/E, Harlow, Person Education.
Susanti E. and Oskar, D. P. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek UMKM (Studi Kasus: Pusat Oleh - Oleh Kota Padang). Ikraith Ekonomika, 1(2), 116–130.
Prameswari, N. S. (2018). Strategi Branding Melalui Inovasi Desain Kemasan Bagi Home Industry Sabun Cair. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 179.
Muhammad, S. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green Bean Kopi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369.
Wahyuni, Y. T. (2017). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Academia.Edu, 2(1), 35–51.
Yolanda, Y., Pujaseno, G., Damanik, V. P., Yasmen, A. H. R., & Sofya, R. (2019). Pemuda (Penge Mbangan Mitra Umkm Daerah Lunang Dua ) Strategi Penguatan Branding Produk. Jurnal Ecogen, 2(2),
Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30.
Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21.