Membangun Strategi Kemitraan Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Aura Bedda Lotong
DOI:
https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.833Keywords:
Strategi kemitraan, reseller, analisis SWOT, pendapatan.Abstract
Lulur berbahan dasar alami saat ini menjadi perhatian bagi pecinta kosmetik karna diangap lebih aman untuk digunakan. Salah satu lulur berbahan dasar alami yang saat ini banyak diminati adalah lulur tradisional khas bugis yaitu bedda lotong. Bedda lotong merupakan lulur tradisional yang dulunya hanya digunakan oleh wanita bangsawan. Namun seiring dengan perkembangan zaman lulur ini sudah dapat digunakan semua orang dari berbagai kalangan. Salah satu usaha yang menawarkan produk lulur bedda lotong di Kota Palu adalah Aura bedda lotong. Usaha ini memiliki peluang yang besar pada pasar dan memiliki peminat yang tidak akan habis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor internal, faktor eksternal dan merumuskan alternatif strategi yang digunakan aura bedda lotong dalam meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Alternatif strategi yang diterapkan usaha aura bedda lotong dalam meningkatkan pendapatannya adalah strategi kemitraan. Strategi ini menjadi strategi yang cukup efektif karna dapat memperluas jangkauan pasar dan melakukan kerja sama untuk membangun hubungan saling membembutuhkan bersama mitra dan reseller dalam mencapai keuntungan.
References
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363.
Anwar, M., Purwanto, E., & Fitriyah, Z. (2020). Model Kemitraan Bisnis Antar Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Public Administration Journal of Research, 2(2), 174–181.
Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis Swot: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating Dan Ocai. Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Sarwoko, E., Nurdiana, I., & Ahsan, M. (2021). Membangun Strategi Kemitraan Untuk Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Tusuk Sate di Kabupaten Malang. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 407–414.
Arifdal, Muhammad. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjung Di Kecamatan Samalangka Kabupaten Breuen. Jurnal S.Pertanian 1:223-233
Kusnadi, & Yulia, N. (2020). KEWIRAUSAHAAN. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.