Analysis And Design Of E-Commerce Website As An Electronic Sales Media
DOI:
https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.766Keywords:
E-Commerce, Website, Pemasaran Online.Abstract
Motivasi studi ini adalah meningkatnya prevalensi sistem e-commerce di kalangan bisnis di semua sektor perdagangan dan penyediaan jasa. Dengan bantuan e-commerce, bisnis dapat menyebarkan informasi kepada konsumen lebih cepat dan memperluas jangkauan pemasaran mereka, yang keduanya akan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. Aplikasi prestashop open source digunakan dalam penelitian ini untuk membuat situs web e-commerce karena rangkaian fiturnya yang kuat dan ketersediaan komponen yang sesuai secara luas tanpa biaya. Teknik analisis spiral Cresswell digunakan untuk studi deskriptif kualitatif ini. Analisis spiral melibatkan empat langkah: pengelolaan data; membaca dan membuat memo; menggambarkan; klasifikasi; dan interpretasi; dan menggambarkan dan memvisualisasikan. Analisis data menghasilkan sistem baru yang diimplementasikan secara bertahap meliputi pembuatan website e-commerce, perancangan layout website e-commerce, pemasukan data website e-commerce, dan presentasi temuan.
References
http://www.daveegerton.com/prestashop-guides/Prestashop-Developers-Guide.html, diakses 3 April 2013, 09.00
Andreas, Meier dan Henrik Stormer. 2009. eBussiness and eCommerce Managing the Digital Value Chain. Verlag Berlin Heidelberg: Springer
Arikunto, Suharsimi. 2005.Manajemen Penelitia Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Creswell, John W. 2007. Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approaches. London: Sage Publication Inc.
Edhy, Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Effendy, Onong Uchjana. 1984. Sistem Informasi Dalam Manajemen. Jakarta: Alumni.
Hartono, Mulia. 2004. 7 Langkah Mudah Membangun Sistem Informasi ERP. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Jogyanto HM., MBA. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi Manajemen. Edisi kelima: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis & Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
Kotlet, Philip dan Amstrong Garu. 2003. Dasar – dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Ideks Gramedia.
Ladjamudi, Al - Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Laudon, Kennet C. Dan Jane P. Laudon. 2008. Sistem Informasi Manajemen, Buku 1 Edisi 10: Mengelola Perushaan Digital. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Martin, Merle P.wan. 2004. Hermawan Kertajaya On Brand Seri 9 Elemen Marketing. Bandung : PT Mizan Pustaka.
McLeod, Raymond Jr. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Bahasa Indonesia Jilid II. Diterjemahkan oleh: Hendra Teguh SE, Ak. Editor: Hardi Sukardi MBA, MSc., SE. Jakarta: PT Prenhallinda
Model Konsep E-Commerce (online), (http://www.cs.ubc.ca/wccce/program02/wa qar/waqar.htm, diakses 4 Mei 2012, pukul
00)
Murdick, Robert G. 1986. Sistem Informasi untuk Manajemen Modern, Edisi Ketiga. Jakrta: Erlangga
Oetomo, Budi Sutedjo. 2002. Perencanaan Dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakrta: Penerbit Andi
Purbo. Onno W. 2000. Mengenal E-Commerce.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Sanusi, M Arsyad. 2001. E-Commerce Hukum dan Solusinya. Jakarta: Mizan Grafik Sarana
Scott,George M. 1996. Management Information Systems International Student Edition. Universitas Michigan: McGraw-Hill
Scott,George M. 2004. Prinsip – Prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers Citra Niaga Buku Perguruan Tinggi Skema Database Prestashop (online)
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sutabri, Tata 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Whitten, Jeffry L., Lonnie D. Bentley., Kevin C. Dittman. 2004. Metode Desain & Analisis Sistem, Edisi keenam. Yogyakarta:Penerbit Andi.