Eksistensi Usaha Kuliner Melalui Efektivitas Strategi Pemasaran Pasca Covid-19 (Studi Kasus Pada Chi Fry Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.739Keywords:
Usaha Kuliner, Strategi Pemasaran, SWOTAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh sektor usaha kuliner memiliki peran yang strategis dalam menunjang roda perekonomian salah satunya yaitu restoran cepat saji, Indonesia memiliki macam-macam produk olahan kuliner yang ditawarkan guna memenuhi kebutuhan pangan, berbagai produk diciptakan dan ditawarkan salah satunya usaha kuliner akan tetapi pada masa pandemi covid-19 ini sangat sulit bagi pelaku usaha kuliner untuk memasarkan produk olahan kulinernya di karenakan tingginya jumlah covid-19. Dalam masa pandemi covid-19 strategi pemasaran mempunyai peranan yang penting dalam masyarakat karena strategi pemasaran menyangkut berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan sosial karena kegiatan pemasaran menyangkut masalah mengalirnya produk dari produsen ke konsumen, apa lagi di masa sekarang pasca covid-19 usaha kuliner sangat kesulitan untuk memasarkan produknya. Hal tersebut dilakukan karena usaha kuliner chi fry kota kediri kesulitan memasarkan produk olahan kulinernya dikarenakan pandemi covid-19.
Oleh sebab itu pemilihan strategi pemasaran yang baik adalah hal yang sangat diperlukan oleh pelaku usaha kuliner dalam menghadapi persaingan antar usaha kuliner, perusahaan perlu strategi yang tepat dan terstruktur sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai di era covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada restoran cepat saji chi fry kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah konsumen dan karyawan chi fry kediri. Kemudian obyeknya adalah strategi pemasaran. Hasil penelitian yang sudah dilakukan penulis menunjukan bahwa strategi pemasaran usaha kuliner Chi Fry adalah 1. Strategi pemasaran offline yaitu penyebaran poster gambar, seperti sekolah dan lingkungan sekitar. 2. Strategi pemasaran online yaitu dengan memanfaatkan media internet atau media sosial yaitu instagram.
References
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: MItra Wacana Media.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arman, A. (2015). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Pada CV. Sinar Utama Cabang Antasari Di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman.
Efendi, T. M. (2018). Pengaruh pengawasan internal terhadap kinerja pegawai di dinas tenaga kerja kota bandung. Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN.
Ezizwita, E. &. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 51-63.
Feni, M. (2021). MENGUNGKAP DAMPAK COVID-19 PADA UMKM SEKTOR KULINER (Studi Kasus: UMKM Kuliner Di Wilayah Rawamangun). Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Hasibuan, H. M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Penerbit Alfabet.
Kotler, & Keller. (2012). Marketing Managemen. (edisi 14). Global Edition: Pearson Education.
Kotler, A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. d. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of marketing 15Eth. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (edisi 13). Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Liwang, T., Daryanto, A., Gumbira-Said, E., & Nuryartono, N. (2011). Analisis Faktor-faktor Determinasi Pasar Benih Kelapa Sawit Di Indonesia. Manajemen Bisnis, 33-43.
Lupiyodi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: CV. Alfabeta.
Miles, M. B. (2014). Qualitative data analysis: A methodes sourcebook. SAGE Publicationa, Inc.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Nurbani, A. M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 109-120.
Radiosunu. (2001). Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Analisis. Universitas Gajah Mada.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intergrated Marketing Comunication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Persada.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, M., & Soeprihatin, J. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Libert Yogyakarta.
Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CPAS.
Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
WHO, C. O. (2020). World health organization. Responding to Community Spread of COVID-19, Reference WHO/COVID-19/Community_Transmission/2020.
Widodo. (2018). BUSINESS PLAN Minuman SABU (Sari Buah)(Perencanaan Pendirian Usaha Minuman Sabu (sari buah)).