PENGARUH PERILAKU PEDAGANG DAN BUDAYA PENATAAN LOKASI TERHADAP KETERATURAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DALAM BERJUALAN DI PASAR RAYA KOTA SOLOK

Authors

  • Viony Krismayanti Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Afni Yeni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Wahyu Indah Mursalini Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.532

Keywords:

Perilaku Pedagang, Budaya Penataan Lokasi, Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solok khususnya di Pasar Raya Kota Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perilaku Pedagang dan Budaya Penataan Lokasi terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam berjualan di Pasar Raya Kota Solok. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pedagang kaki lima yang berjualan di kawasan Pasar Raya Kota Solok yang berjumlah 91 orang. Dengan jenis penelitian kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket/kuesioner.

Berdasarkan analisis regresi linier berganda, variabel Perilaku Pedagang dan Budaya Penataan Lokasi berpengaruh terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam Berjualan di Pasar Raya Solok = 12,331 + 0,068X1 + 0,589X2 + e. Dari uji t yang dilakukan diketahui bahwa variabel X1 Perilaku Pedagang tidak berpengaruh terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) Berjualan di Pasar Raya Solok dengan thitung 0,369 < t tabel 1,68 dan sig 0,713 > 0,05 . Variabel X2 Budaya Tata Letak berpengaruh signifikan terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) Berjualan di Pasar Raya Solok dengan thitung 3,423 > ttabel 1,68 dan sig 0,001 < 0,05. Dari Uji Determinasi nilai R Square adalah 0,458. Artinya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 45,8%, sedangkan sisanya sebesar 54,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimaksudkan dalam penelitian ini, seperti kesadaran diri, dukungan lingkungan, dan sebagainya.

 

Kata Kunci : ,, .

References

Ahmad Taslim, A. W. (2016). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar dan Jumlah Hari Perdagangan Terhadap Return Saham. Management Analysis Journal, 5(1), 1–6. http://maj.unnes.ac.id

Alfianti, D., & Andarini, S. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Indonesia, 8(1), 45–56.

Ariyani Indriastuti, Z. N. (2017). Pengaruh Volume Perdagangan, Kurs Dan Risiko Pasar Terhadap Return Saham. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://www.neliti.com/id/publications/134235/pengaruh-volume-perdagangan-kurs-dan-risiko-pasar-terhadap-return-saham

Astikawati, Y. (2015). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan, Volatility Harga Saham, Volume Dan Frekuensi Perdagangan. Vox Edukasi, 6(2), 222–233.

Astikawati, Y., & Triana, D. (2017). Pengaruh Harga Saham Perusahaan Terhadap Transaksi Jual Beli Saham Di Pasar Modal Indonesia. Jurnal Profit, 4(2), 134–144.

Chandra, T. (2016). Investasi Bagi Pemula Edisi Revisi (Priyono (ed.); Revisi, Issue January). ifatama Publishing. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2153.4327

Devina Putri Anggraini, M. N. S. (2019). Faktor-faktor Fundamental Yang Mempengaruhi Return Saham Dan Dampaknya Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Sektor Industri Barang Konsumsi Pada BEI Tahun 2010-2017. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 13(2), 122–130.

Dewi, S., & Paramita, R. A. S. (2019). Pengaruh Kebijakan Dividen, Volume Perdagangan, Earning Volatility, Leverage, Dan Firm Size Terhadap Volatilitas Harga Saham Perusahaan Lq45. Jurnal Ilmu Manajemen, 7, 761–771.

Dr. I Made Adnyana, SE., M. (2020). Manajemen Investasi Dan Portofolio (W. Suratman (ed.); revisi 9). Lembaga Penerbitan Universitas Nasional.

Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 2020th ed., Issue April). Pustaka Ilmu.

Maysie, K. (2021). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan Dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Pada Sektor Pariwisata Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.52300/jmso.v2i1.3055

Niawaradila dkk. (2021). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, Dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2019. Jurnal Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen)Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 122–138. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2078

Novianti, R., & Chalid, L. (2021). Pengaruh Nilai Tukar Rupiah , Inflasi dan Volume Perdagangan Terhadap Return Saham ( Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di IDX ). Jurnal Imu Ekonomi, 4(2), 287–298.

Prasetya., T. (2017). Analisis Dampak Variabel Keuangan Saham Terhadap Keluar - Masuknya Saham Di LQ45 (Periode 2014-2015). EMBA, 5(2), 1532–1541.

Pratama, A. A. I., & Susetyo, A. (2020). Pengaruh Closing Price, Trading Volume Activity, dan volatilitas Return Saham Terhadap Bid-Ask Spread Pada Perusahaan LQ45 Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(1), 81–88. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i1.446

Rifani Akbar Sulbahri, Firmansyah Arifin, P. (2018). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Nilai Perusahaan Dan Tingkat Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Agribisnis Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kompetitif, 7(1), 120–137.

Ruli, R. P., Dp, E. N., & Hariyani, E. (2014). Pengaruh Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham, Abnormal Return, Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, Risiko Saham dan Kapitalisasi Pasar Pada Perusahaan Property, Real Estate and Building Construction yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2011. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1(2), 1–15.

sa’diyah, Dheasy, edward. (2019). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar Dan Jumlah Hari Perdagangan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange (IDX) Periode Tahun 2015- 2019) Hali. Jurnal Ekonomi, Idx, 1–10.

Silviyani, Edy Sujana, P. A. P. (2014). Pengaruh Likiditas Perdagangan Saham Dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Berada Pada Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2009-2013 (Studi empiris Pada Perusahaan LQ45 Di Bursa Efek) Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(1).

Sudirman. (2015). Pasar Modal Dan Manajemen Portofolio (Rizal Darwis (ed.); Issue January). Sultan Amai Press IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Sustrianah. (2020). Pengaruh Volume Perdagangan Saham Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks LQ45. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1), 48–59.

Sutrisno, B. (2017). Hubungan Volatilitas Dan Perdagangan Di Bursa Efek Indonesia. Junal Bisnis Dan Manajemen, 7(April), 15–26. https://doi.org/10.15408/ess.v7i1.3894

Tandelilin, E. (2010). Dasar-dasar Manajemen Investasi. Manajemen Investasi, 1–34.

Wahyuliantini, N. M. (2015). Pengaruh Harga Saham, volume Perdagangan Saham, dan Volatilitas Return Saham Pada BID-ASK SPREAD. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 146–155.

Yusra, M. (2019). Pengaruh Frekuensi Perdagangan , Trading Volume, Nilai Kapitalisasi Pasar, Harga Saham, Dan Trading Day Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 65–74. https://doi.org/10.29103/jak.v7i1.1841

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Viony Krismayanti, Afni Yeni, & Wahyu Indah Mursalini. (2023). PENGARUH PERILAKU PEDAGANG DAN BUDAYA PENATAAN LOKASI TERHADAP KETERATURAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DALAM BERJUALAN DI PASAR RAYA KOTA SOLOK. Journal of Management and Creative Business, 1(1), 135–148. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.532