ANALISIS PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSAINGAN BISNIS ONLINE SHA MASKER

Authors

  • Kiki Andrea Putri Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Faiza Shakira Saina Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alyusri Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.501

Keywords:

e-money, persaingan bisnis, bisnis online

Abstract

Saat ini, kita telah memasuki zaman yang sudah modern. Semua hal bisa dilakukan dengan mudah karena adanya perkembangan teknologi. Dengan melihat banyaknya minat pengguna teknologi membuat para pelaku bisnis dituntut kreatif dengan mengembangkan lagi teknologi yang sudah ada menjadi lebih baik. Seperti halnya produk Sha Masker yang juga turut memanfaatkan teknologi informasi dalam penjualannya yaitu e-money. Dalam hal ini, Sha Masker memilih menggunakan salah satu pembayaran e-money yaitu shoope pay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui alasan dan keuntungan pemilik bisnis online menggunakan e-money dan adakah manfaat nya terhadap persaingan bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang berisi penjelasan-penjelasan mengenai objek yang diteliti dengan teknik pengumpulan data menggunakan study kepustakaan dan wawancara dengan pemilik usaha bisnis online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik bisnis online yang menggunakan sistem e-money yang menyatakan merasakan manfaat, kemudahan, dan keuntungan yang meningkat dalam penjualannya, sedangkan pada persepsi risiko tidak terlalu dirasakan para pengguna e-money.

 

References

Juniarti Kristin, Isharijadi, Elana Era Yusdita. 2021. "Persepsi Pengguna E-Money pada Usaha Rintisan di Kota Madiun", http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK, diakses pada 18 Oktober 2022 pukul 16.47.

Fitriana Ana, Irawan Wingdes. 2017. "Analisis TAM Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan E-money Indomaret Card di Pontianak", Volume 16 (halaman 401-410). Pontianak:Techno.COM.

Dafa F. 2022. "Analisis Penggunaan Aplikasi Shoope Terhadap Minat Berbelanja Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam". Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Triwidyastika, A. (2012). Studi tentang pengaruh persepsi manfaat dan persepsi risiko terhadap sikap pada belanja online dan implikasinya pada minat belanja online di Dshetwo Boutique. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(1).

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan layanan uang elektronik. Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127135.

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, fitur layanan, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-money card (Studi pada pengguna jasa commuterline di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440.

Candraditya, H. (2013). Analisis Penggunaan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Produk Flazz BCA di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 2, 111.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Kiki Andrea Putri Hasibuan, Faiza Shakira Saina Harahap, Alyusri Lubis, & Nurbaiti, N. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSAINGAN BISNIS ONLINE SHA MASKER. Journal of Management and Creative Business, 1(1), 112–120. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.501