Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Melalui Pemanfaatan Tekhnologi Informasi

Authors

  • Nur Amalina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Vidia Dhiawy Hasmar Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yusra Amelia Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.500

Keywords:

Teknologi Informasi, Strategi Pemasaran, Bank Syariah Indonesia

Abstract

Pertumbuhan dan kestabilan perekonomian dapat dikatakan merupakan permasalahan dibanyak negara didunia, termasuk Indonesia. Ada banyak usaha melalui berbagai kebijakan telah diterapkan demi meningkatkan atau setidaknya mempertahankan kestabilan perekonomian yang diharapkan akan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas. Teknologi pastinya digunakan hampir seluruh umat manusia didunia. Disadari atau tidak, sekarang ini manusia telah berada dilingkaran yang sarat akan informasi. Tetapi, tentu saja dari semua hal yang terjadi saat ini akan ada dampak bagi masyarakat baik positif maupun negative.  peran teknologi informasi yang akan digunakan, terutama dalam sistem komputer yang berperan penting dalam pekerjaan perbankan sebagai alat transaksi. Bank Syariah Indonesia memanfaatkan dari kemajuan teknologi agar lebih memudahkan nasabah dalam mengakses dan melakukan sebuah transaksi di bank. Bank Syariah Indonesia melakukan transaksi menggunakan media elektronik yaitu dengan internet banking.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan memiliki tujuan untuk menggambarkan, memeberikan contoh, menerangkan, menjelaskan dan menjawab terkait materi secara lebih rinci dan spesifik tentang sesuatu permasalahan yang terjadi, kemudian akan di teliti sesuai dengan prosedur yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang strategi pemasaran bank syariah dalam meningkatkan pangsa pasar melalui pemanfaatan tekhnologi informasi.Internet banking merupakan salah satu produk dari elektronik banking atau disebut juga E-banking. Teknologi informasi perbankan membutuhkan banyak peranan dalam mempercepat pertumbuhannya, baik dari berbagai bidang, teknologi informasi merupakan perbankan terbesar yang mengadopsi perusahaan perbankan, penggunaannya yang sangat luas baik secara efisiensi internal seperti ERP dan SAP, maupun untuk kepentingan nasabah seperti cabang jaringan online, ATM, dan internet banking. 

 

 

References

Khoirun Niswalh, Khalirinal Talmbunaln. (2022). Alnallisis Straltegi Malnaljemen Balnk Syalrialh Indonesial Dallalm Meningkaltkaln Malrket Shalre Melallui Pemalnfalaltaln Tekhnologi Informalsi. Jurnall Kaljialn Ekonomi & Bisnis Islalm , 1272-1289

Albdurrokhim,(2016). Alnallisis Kompalraltif Penggunalaln Sistem Informalsi Perbalnkaln Alntalral Balnk Syalrialh daln Balnk Konvensionall. Jurnall Ilmialh Indonesial,2541-0849

Dedeng Iralwaln, Sugialnto, Salpalruddin Siregalr. (2022). Malnaljemen Pemalsalraln Balnk Syalrialh Berbalsis Tekhnologi Revolusi Industry 4.0. MES Malnalgement Jurnall, 27-39

Alaln Alnsori (2018). Sistem informalsi perbalnkaln syalrialh. Jurnall Balnque Syalr'i vol 4.

Alrius,Julialnsyalh (2018) Pengalruh Teknologi Informalsi Kemudalhaln, Risiko daln Fitur Lalyalnaln Terhaldalp Minalt Nalsalbalh Menggunalkaln Internet Balnking.

Faliz All Malliki (2019), Pemalnfalaltaln Teknologi Informalsi Dallalm Meningkaltkaln Malrket Shalre Balnk Syalrialh (Studi Empiris Di Balnk Syalrialh Malndiri).

Zulkifli Kalrim, SE MM, Straltegi Pemalsalraln Balnk Syalrialh, Dosen Falkultals Syalrialh & Ekonomi Islalm Ialialn Ternalte

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Nur Amalina, Vidia Dhiawy Hasmar Sitorus, Yusra Amelia Hasibuan, & Nurbaiti, N. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Melalui Pemanfaatan Tekhnologi Informasi. Journal of Management and Creative Business, 1(1), 101–111. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.500