STRATEGI BISNIS DALAM MENGEMBANGKAN TREND BAJU DRESSCODE MUSLIM DIKALANGAN REMAJA

Authors

  • Vera Ayu Ningsih Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sriwahyuni Sriwahyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dini Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.485

Keywords:

Strategi Bisnis, Mengembangkan, Dresscode Muslimah, Dress Remaja .

Abstract

Pengembangan produk adalah proses menciptakan produk baru atau meningkatkan yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memastikan kepuasan mereka. Busana muslimah yang sesuai dengan dalil di Alqur'an dan sunnah adalah yang menyerupai lawan jenis dan tidak menyerupai perempuan yang tidak muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji evolusi brand fashion wanita muslimah seperti Gamis Amika, Dafh Hijab, dan Koppi Holic dari sudut pandang Islam yang khas. Metode penelitian yang digunakan melibatkan penelitian deskriptif yang mengarah ke hasil kuantitatif.Pengumpulan data melalui wawancara langsung dan studi berkas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan produk berbasis muslimah didorong oleh desain produk dengan ide/tujuan yang berbeda di tiga bisnis: Gamis Amika sesekali mengikuti trend fashion, Dafh Hijab selalu mengikuti trend fashion, dan Koppi Holic tidak pernah mengikuti trend fashion. Namun, dari sudut pandang Islam, ketiga bisnis milik Muslim ini sudah menganut syariat Islam.

 

References

Abdurrahman, N. H. (2013). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Adzwin, & Anggadwita, G. (2016). Analisis Pengembangan Produk Baru Berbasis Teknologi Pada Rintisan Usaha Wallts (Start-Up). e-poceeding of management Vol. 3 No.3 , 2735.

Agustina, F., & Kamalia, N. L. (2012). Perumusan Strategi Pengembangan Produk Kurma Salak Berdasarkan Analisis Product Life Cycle (PLC) dan SWOT Pada Kelompok Tani Ambudi Makmur II Bangkalan. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan vol. 1 No. 2 , 105-112.

Alkurni, W., & Zuliarni, S. (2014). Analisis Proses Pengembangan Produk Baru Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Bisnis (Kasus Pada MM. Cake & Bakery Pekanbaru). Jom FISIP , Vol. 1 No.2.

Alma, P. D. (2010). Pengantar Bisnis. Bandung: ALFABETA

Ato'Illah, M. (2015). Analisis Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pupuk. Jurnal WIGA .

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Ginting, R. (2010). Perancangan Produk. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gurindawangsa, S. A., Topowijono, & Supriono. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Produk Agrowisata (Studi Pada Desa Wisata Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 51 No. 2 .

Kamiruddin. (2014). Analisis Pengembangan Produk Industri kecil Sebagai Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis (Kasus Industri Kerajinan Rotan, Rumbai, Pekanbaru). Jurnal Aplikasi Bisnis , Vol. 4 No. 2.

Kotler, & Killer. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, M., & Haryati, N. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri , Vol. 6 No.2 97-102.

Maulana, H., & Suhartini. (2018). Pengembangan Produk Meja Sablon Semi Otomatis Dengan Menggunakan Metode QFD. Tecnoscienza

Niqris, C., & Hidayat, R. (2017). STRATEGI BISNIS PADA SABLON BAJU BEATMAP DI WARU SIDOARJO. Jurnal Bisnis Indonesia , Vol 8 No. 1.

Purnomo, B., & Raditya, B. (2017). Pengembangan Produk dan Inovasi Produk Pada Teh Hijau Cap Pohon Kurma (Studi Pada PT. Penguji Luhur Utama). Jurnal Maksipreneur Vol. VI, No.2 , 27-35.

Purwanto. (2006). New Business Administrasion . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, I. M., & Kharnolis, M. (2017). Karakteristik Produk Busana Muslim Yang Diminati Konsumen Di Sakinah Bordir. e-Journal Vol. 06 No. 01 , 1-14.

Qardhawi, Y. (2001). Peran dan Nilai Moral dalam Pandangan Islam. Jakarta: Robbani Press.

Wijaya, W. S., & Mustamu, R. H. (2013). Analisis Pengembangan Produk Pada Perusahaan Tepung Terigu di Surabaya. AGORA , Vol. 1 No. 1.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Vera Ayu Ningsih Ritonga, Sriwahyuni Sriwahyuni, & Dini Lestari. (2023). STRATEGI BISNIS DALAM MENGEMBANGKAN TREND BAJU DRESSCODE MUSLIM DIKALANGAN REMAJA. Journal of Management and Creative Business, 1(1), 72–78. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.485