GAYA HIDUP MAHASISWA ADANYA BELANJA ONLINE (STUDI MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN SUMATERA UTARA)

Authors

  • Alya Abdul Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Melisa Ananda Putri Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dini Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.479

Keywords:

Gaya hidup, Belanja Online, Perilaku Konsumtif

Abstract

Gaya Hidup Mahasiswa Adanya Belanja Online (Studi Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya hidup mahasiswa adanya belanja online. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskritif dan teknik pengumpul data menggunakan wawancara. Dengan berkembangannya teknologi dan informasi memudahkan kita dalam melakukan suatu hal, salah satunya perubahan gaya hidup berbelanja, yang biasanya pelanggan pergi ke tokoh offline untuk melakukan pembelian, kini beralih ke tokoh online yang dapat dioperasikan pelanggan kapanpun dan dimanapun, dengan adanya kemudahan tersebut membuat mahasiswa cenderung menyukai aktivitas yang lebih mudah dilakukan, selain itu adanya perubahan status sosial yang dipandang dengan tren berbelanja online untuk memenuhi keinginin semata bukan untuk benar-benar kebutuhan konsumen.

 

References

Kunto, A.A, Mata Rantai Hedonisme. Kecil Bahagia, Muda Foya-foya, Tua Kaya-raya, Mati Maunya Masuk Surga, ( Yogyakarta: Kanisiu,1999), 86-92

Muhammad Yusuf dan Ahmad Yusuf, 1 Jam Membuat Toko Online dengan JoomlaVirtuemart, Yogyakarta, Expert, 2012, hlm. 1.

T. Suryani, Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

dkk Wahyuni, “Gaya Hidup Remaja Kelas Menengah Kota Pekalongan,” J. Educ. Soc. Stud., vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2016.

B. Tamam, “Peningkatan Ecoliteracy siswa sebagai Green Consumer melalui Pemanfaatan Kemasan Produk Konsumsi dalam Pembelajaran IPS,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 24, no. 2, pp. 227– 238, 2013.

Muhammad Yusuf dan Ahmad Yusuf, 1 Jam Membuat Toko Online dengan JoomlaVirtuemart, Yogyakarta, Expert, 2012, hlm. 1.

Peristian, I. (2009). Pengaruh Respon Konsumen Terhadap E-Commerce : Studi Pada Pelanggan E-Commerce di Yogyakarta. Skripsi. Eprints UAJY, 22.

Umanailo, M. Chairul Basrun. (2018). Konsumerisme. Tersedia di: https://www.researchgate.net/pub lication/323943765_KONSUME RISME. Di unduh pada 19 Maret 2019

Mowen, John C dan Minor, Michael. 2002. Perilaku konsumen. Edisi kelima. Jilid 1. Terjemahan oleh Lina Salim. 2002. Jakarta : PT. Erlangga

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, A., H., L. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Pelayanan Tambah Daya Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN (Persero) Area Cijaruwa. Bandung: Journal eProceedings of Applied Science.

Suyanto, M. 2014. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi Offset.

Piliang, Yasraf A. (2004)., Dunia Yang Di Lipat : Bertamasya Melampaui Kebudayaan, Bandung;Matahari

Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 12 (Jakarta: Erlangga, 2012), 192

Mowen, John C dan Minor, Michael. 2002. Perilaku konsumen. Edisi kelima. Jilid 1. Terjemahan oleh Lina Salim. 2002. Jakarta : PT. Erlangga

Tresna, Trigita Ardikawati Java. (2013). Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa FIS UNY pada Klinik Kecantikan. Fakultas Ilmu Sosial: Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Alya Abdul Ramadhani, Melisa Ananda Putri Ritonga, & Dini Lestari. (2023). GAYA HIDUP MAHASISWA ADANYA BELANJA ONLINE (STUDI MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN SUMATERA UTARA). Journal of Management and Creative Business, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i1.479