Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Wirskopi 2.0 Makassar)

Authors

  • Ina Lapparan Universitas Negeri Makassar
  • Hety Budiyanti Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v3i1.3286

Keywords:

Experiential Marketing, Customer Satisfaction, Repurchase Intention

Abstract

LAPPARAN, INA, 2024. The Influence of Experiential Marketing and Customer Satisfaction on Repurchase Intention (Case Study at Wirskopi 2.0 Makassar). Undergraduate Thesis. Management Study Program, Faculty of Economics and Business, State University of Makassar. Supervised by Hety Budiyanti and Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin. This study aims to determine the impact of experiential marketing and customer satisfaction on repurchase intention at Wirskopi 2.0 Makassar. The population includes all visitors who have visited Wirskopi 2.0 Makassar at least three times within a month. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling method. The research employs a quantitative approach, with multiple linear regression analysis and data processing using SPSS version 25. The hypothesis testing results indicate that experiential marketing and customer satisfaction have a partial and simultaneous effect on repurchase intention at Wirskopi 2.0 Makassar. The coefficient of determination shows that 26% of the variance in repurchase intention is explained by experiential marketing and customer satisfaction, while the remaining 76% is influenced by other variables outside this study.

 

 

References

Adisaputro, G. (2019). Manajemen Pemasaran: Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: STIM YKPN.

Albertus Christian, & Dharmayanti, D. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty The Light Cup di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam.

Bisnarti, A. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Digest Marketing, 1(1).

Cilesti, I. M., & Nifita, A. T. (2018). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan. Digest Marketing, 3(2).

Fajryanti, V., & Faridah, N. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Persepsi Nilai terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan. Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1-8.

Febrini, I. Y., Widowati, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Warung Kopi Klotok Kaliurang Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35-54.

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi Keenam). Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Griffin, J. (2003). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Edisi Revisi dan Terbaru Bahasa Indonesia, Penerbit Erlangga.

Harfania, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Experiential Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fakultas Ekonomi, 581-591.

Hendarsono, G., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Buntos 99 Sidoarjo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–8.

Iglen, O. F., Yulasmi, Y., & Azizi, P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung dengan Minat Mengunjungi Sebagai Variabel Intervening pada Senyaman Cafe Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Imran, M. I. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Makanan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1).

Indrasari, Y. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa Pengiriman Barang PT. Pos Indonesia Cabang Malang. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), 86-96.

Izdhihar, A. N. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Pembelian Ulang di Waroeng Spesial Sambal dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7(3), 243-251.

Kharolina, I., & Transistari, R. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Cakrawangsa Bisnis, 2(2), 185-196.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip–Prinsip Pemasaran (Jilid 1, Edisi Kedelapan). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management (14th ed.). Global Edition Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. (2018). Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran. Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Kustini. (2007). Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 7, 44-57.

Kusuma, A. C., & Rakhman, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Olah Data (SPSS) Pada Mahasiswa DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal. Jurnal Abdimas PHB, 1(1), 49-54.

Kusumadewi, N., & Saraswati, T. G. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Official Store Scarlett di Shopee dan Tokopedia. eProceedings of Management, 7(3).

Lamongi, J., Tumbuan, W. J. F. A., & Loindong, S. R. S. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di J. Co Donuts Dan Coffee Manado Town Square Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Lucas, D. B., & Britt, S. H. (2003). Advertising Psychology and Research. McGraw-Hill. New York.

Mailor, T. R. D., Massie, J. D. D., & Tawas, H. N. (2021). Pengaruh Experiental Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan Konsumen Mobil Wuling Pada PT Kumala Cemerlang Abadi Wuling Motors Tomohon. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9, 1644-1654.

Maulidya, A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2021). Pengaruh Experiental Marketing Dan Marketing Mix Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Semusim Café Kota Malang. Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, 10(2), 205-212.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muawanah, I. (2019). Fenomena Maraknya Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Anak Muda di Kota Metro. Undergraduate Thesis, IAIN Metro.

Olii, K. R. R., & Nurcaya, I. N. (2016). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing terhadap Pembelian Ulang Tiket Pesawat pada PT Jasa Nusa Wisata Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 4835-4864.

Prastyaningsih, A. S. (2014). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention (Survei pada Konsumen KFC di Lingkungan Warga RW 03 Desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16(1), 1-8.

Rahmawati, N. (2003). Pengaruh Sense dan Feel dari Experiential Marketing pada Konsumen Soto Gebrak. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 109-121.

Riadi, M., Kamase, J., & Maparenta. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Aladdin). Jurnal of Management Science (JMS), 2(1), 41-60

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Published

2024-10-09

How to Cite

Ina Lapparan, Hety Budiyanti, & Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin. (2024). Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Wirskopi 2.0 Makassar). Journal of Management and Creative Business, 3(1), 21–50. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v3i1.3286