Pengaruh Aksebilitas, Promosi Dan Jaminan Rasa Aman Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Make Over Transmart Padang

Authors

  • Maria Magdalena 3Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang
  • Jeki Algusri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Qori Rizqia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP” Padang

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v2i3.2691

Keywords:

Accessibility, Promotion, Guarantee of Security, Purchasing Decisions

Abstract

Consumer purchasing decisions are a process where consumers choose and evaluate products or services, consumers often consider various things that suit their needs in the purchasing decision process. This research aims to test whether accessibility, promotion and security guarantees influence purchasing decisions for Transmart Padang make overs. The data source used in this research is primary data. The population in this observation was Transmart visitors, totaling 2,230 people. This sampling technique is slovin. The number of samples used in this research was 96 people. The analytical method used is multiple regression analysis. The conclusion of this research is that Accessibility (X1) has a positive and significant effect on purchasing decisions, Promotion (X2) has a positive and significant effect on purchasing decisions and Security Guarantee has a positive and significant effect on purchasing decisions.

 

References

Ali, H. (2008). Marketing. Medpress.

Ariani. (2003). Manajemen kualitas pendekatan sisi kualitatif. Ghalia Indonesia.

Desi, I., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15–24.

Dewi, E., & Tarigan, S. (2016). Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Fandy, T. (2005). Strategi pemasaran (Edisi kedua). Andi Offset.

Gholazi, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (Edisi ke-4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin. (2005). Customer loyalty. Penerbit Erlangga.

Herianto, A. (2017). Andrea Herianto, 24(2), 134–144.

Herviana, V. P. S. (2018a). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen biskuit Oreo di Carrefour Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 1–9.

Herviana, V. P. S., & A. L. A. (2018b). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen biskuit Oreo di Carrefour Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 1–9.

Hidayat, R. (2009). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank Mandiri (Tidak diterbitkan).

Hidayat, R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan nasabah Bank Mandiri 2009. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 5.

Kiki, F. N., Soenarto, R. A. (2019). Pengaruh kualitas produk promosi terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen dalam pembelian produk. Iqtishadequity Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Pengaruh, 1(1).

Kotler, A. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran (W. C. Kristiaji, Ed.).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Manajemen pemasaran (Edisi 12 J). Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran (Edisi ketiga). Erlangga.

Logahan, J. M., & Putri, Y. T. E. (2013). Pengaruh komunikasi pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan di 7-Eleven Buaran. Binus Business Review, 4(2), 886. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i2.1404

Manurung, H. P. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen kerajinan songket Batu Bara. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(3), 25–30.

Njoto, D. P., & Sienatra, K. B. (2019). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Wenak Tok.

Nugroho, A. (2005). Strategi jitu memilih metode statistic penelitian dengan SPSS. Andi.

Ogi, T. R. A. L. K. I. (2015). Analisis pengaruh strategi promosi, harga, dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen surat kabar Manado Post. Jurnal EMBA, 3(2), 1041–1050.

Padma, T. W., Naili, F., & Siti, L. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan PT. Matahari Silverindo Jaya Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic.

Rambat, L. (2004). Manajemen pemasaran jasa (Edisi ke-4). Salemba Empat.

Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M. I. (2019). Dampak promosi, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 161–174.

Sambul, S. A. P. (2015). Pengaruh harga, produk dan promosi terhadap loyalitas konsumen Big Jay Family Karaoke. Jurnal Administrasi Publik, 2(29).

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1).

Setyawan, Y. N. (2014). Analisa pengaruh kepercayaan, jaminan rasa aman, dan aksesibilitas terhadap minat menabung nasabah Bank Danamon di Surabaya.

Siregar, S. F. Q. R. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi online di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159.

Sistaningrum. (2001). Manajemen penjualan produk. PT Taristo.

Stanton. (2000). Manajemen pemasaran modern. PT Raja Grafindo.

Sudaryono, D. (2017). Metodologi penelitian (K. P. U. Offset, Ed.; PT Raja Grafindo Persada).

Sri, W. H., M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622

Sugiyono, P. D. (2017a). Metode penelitian bisnis (Edisi ke-3, Suryandari Sofia Yustiyani, Ed.).

Sugiyono, P. D. (2017b). Metode penelitian kebijakan.

Suryani, R., & Wahyu, M. (2018). Pengaruh harga tiket, fasilitas dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung Taman Margasatwa Serulingmas Banjarnegara.

Suryani, R., & Wahyu, M. (2018). Pengaruh harga tiket, fasilitas dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung Taman Margasatwa Serulingmas Banjarnegara.

Swastha, B. (2000). Manajemen pemasaran modern. PT Raja Grafindo Persada.

Swastha, B. (2005). Asas-asas marketing. Liberty.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa.

Widikusyanto, M. J., Nafiuddin, Isqodrin, N., Wibowo, H. A., & Marwan, J. (2016). Jurnal Sains Manajemen, 2(2), 69–83.

Widjoyo, S., Hatane, P., Brahmana, R. K. M. R., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Published

2024-06-05

How to Cite

Maria Magdalena, Jeki Algusri, & Qori Rizqia. (2024). Pengaruh Aksebilitas, Promosi Dan Jaminan Rasa Aman Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Make Over Transmart Padang. Journal of Management and Creative Business, 2(3), 78–91. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v2i3.2691