Pengaruh Promosi Penjualan, Merek, Harga, Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Shopeepay di Kabupaten Gresik

Authors

  • Aprilia Naili Salsabila Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i4.1380

Keywords:

Sales Promotion, Brand, Price, Social, Buying decision

Abstract

This study aims to determine the effect of Sales Promotion, Brand, Price, Social on purchasing decisions of consumers using ShopeePay in Gresik Regency. By using 95 respondents as a sample. This study uses multiple linear regression analysis using four hypotheses. Hypothesis testing using the t test with a significance level of 0.05. The calculation results show that the independent variable, namely Sales Promotion, has a positive but insignificant effect because the significance value is above 0.05. Other independent variables such as Brand, Price and Social partially have a significant positive effect with a significance number below 0.05. Based on the results of this analysis, it is hoped that ShopeePay can improve Sales, Brand, Price and Social Promotions. Because this will increase consumer purchasing decisions using the ShopeePay digital wallet.

References

Аbdullаh, Rеnаndho Rаdityа. (2016). Pеngаruh Sikаp, Fаktor Pribаdi, dаn Fаktor Sosiаl Tеrhаdаp Kеputusаn Pеmbеliаn Kаrtu Pеrdаnа Simpаti di Grаpаri Mаlаng. Skripsi: Fаkultаs Ilmu Аdministrаsi Univеrsitаs Brаwijаyа.

Ari, Windy. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kesadaran Merek sebagai variabel mediasi (studi pada konsumen alfamart di kecamatan gayungan, surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 1 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (2018)

Astria, Rima. (2021). PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK EMINA DI KOTA LANGSA. JIM Manajemen: Manajerial Terapan 53 Volume 1, Nomor 1, November (2021).

Arthur A. Thompson, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. New York: McGraw-Hill Education.

Bahari, Andi Faisal. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol.5, No. 1, (Januari-Juni 2018): 69-78.

Bayu, Dendy Khresna. (2020). pengaruh labelisasi halal, merek dan harga terhadap keputusan pembelian minuman chatime. jurnal sosial ekonomi pertanian p-issn 0853-8395; e-issn 2598-5922 vol. 16, no. 3, oktober (2020).

Buchari, Alma. (2016) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Dewi, V.P. (2014). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Pasar Swalayan Ada Pati. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Diansyah, Putera Rachmat Meidian. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Vol. 32 No. 2 Juli (2017).

Dunan, Hendri. (2022). Pengaruh Faktor Sosial, Gaya Hidup, Dan Karakteristik Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Vol. 1 No. 3 (2022).

Dwiyanti, Eris. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Vol. 8 No. 2 Desember (2018).

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph F. Jr. (2018), Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson Education Limited. Harlow. England.

Handayani, Ririn. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia

Grafika. Hanum, Farida. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Kalangan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Vol. 9 No. 3 September-Desember (2022) , 862-876.

Khairun Nisa, (2022) . Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Vol 4, No 1, September (2022).

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1, ed. 13, Terjemahan Bob Sabran, MM. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Phillip & Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga.

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Maharani, Putri (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce “shopee” (studi kasus: pelanggan shopee di surabaya). Vol 9 No 7 Tahun (2022).

Mangkunegara, A.A.A. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Cetakan Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosda karya Offside.

Nasution, Hami Fadlilah. (2018). PENGARUH KEMUDAHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). Volume 4 Nomor 1 Ed.(Januari - Juni 2018) : hal. 26-39 p-ISSN: 2356-492X

e-ISSN : 2549-9270

Daengs, G. S. A., Istanti, E., Negoro, R. M. B. K., & Sanusi, R. (2020). The Aftermath of Management Action on Competitive Advantage Through Proccess Attributes at Food and Beverage Industries Export Import in Perak Harbor of Surabaya. International Journal Of Criminology and Sociologi, 9, 1418–1425

Enny Istanti1), Bramastyo Kusumo2) ,I.N.(2020).IMPLEMENTASI HARGA,KUALITAS PELAYANAN DAN PEMBELIAN BERULANG PADA PENJUALAN PRODUK GAMIS AFIFATHIN. Ekonomika 45, 8(1), 1–10

Iwa Soemantri, Asep et al. 2020. Entrepreneurship Orientation Strategy, Market Orientation And Its Effect On Business Performance In MSMEs. Jurnal EKSPEKTRA Unitomo Vol. IV No. 1, Hal. 1-10

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Aprilia Naili Salsabila, & Moh. Agung Surianto. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Merek, Harga, Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Shopeepay di Kabupaten Gresik. Journal of Management and Creative Business, 1(4), 01–14. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i4.1380