PERAN LINGKUNGAN KERJA PADA UMKM BOLU KIJING TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Janu Andrifar ZanahZubir Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dewi Patimah Anggari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Epty Hidayaty Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i3.1172

Keywords:

Lingkungan kerja, Kinerja, Karyawan

Abstract

Tujuan mencapai tingkat kesejahteraan hidup yang memadai. Dimana saat ini Lingkungan kerja memiliki peran penting dalam mendorong kinerja atau kualitas para karyawan metode deskriptif observasi ini digunakan untuk menjawab permasalahan yang sedang dialami dalam situasi saat ini. Metode ini melibatkan Langkah untuk pengumpulan data, klasifikasi data, pengolahan data, kesimpulan data, dan pelaporan data Saat melakukan kunjungan industri penulis melakukan wawancara kepada seluruh karyawan mengenai lingkungan kerja di UMKM Bolu Kijing Bapak Ocal tersebut,rata-rata umur pegawai 40-80 tahun. Oleh karena itu mereka merasa nyaman saja ketika bekerja dalam lingkungan yang kurang nyaman dikarenakan mereka sudah terbiasa dalam keadaan seperti ituLingkungan kerja memegang peran krusial dalam memfasilitasi pegawai untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang mereka emban. Keberadaan lingkungan kerja yang ideal mencakup kenyamanan, ketenangan, serta hubungan yang harmonis antara sesama rekan kerja pemilik UMKM yang mengelola usaha Bolu Kijing sebaiknya senantiasa memperhatikan kondisi lingkungan kerja dengan segala aspeknya, termasuk keamanan, kebersihan, serta kelengkapan fasilitas.

References

Hidayaty, D. E., Sandi, S. P. H., & Pranata, R. M. (2023). PELATIHAN PENDAMPINGAN MODEL PENGELOLAAN KEUANGAN SEDERHANA DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PRODUK OLAHAN KOPI SANGGABUANA (KOSA) UMKM DI KAMPUNG KOPI DESA MEKARBUANA TEGALWARU KABUPATEN KARAWANG. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL KUNJUNGAN DAN PENGABDIAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG, 3(1), 1944–1951.

Hina, H. B., Basmar, E., Mutmainah, I., Sitorus, E. B., Sandi, S. P. H., Mulyadi, D., Panjaitan, M., Panjaitan, Y. G., Siregar, S., Rismayani, R., & others. (2023). EKONOMI MANAJERIAL (TEORI DAN ANALISIS). Media Sains Indonesia.

Sandi, S. P. H., & SE, M. M. (2023). EQUILIBRIUM PASAR. Ekonomi Mikro (Suatu Pendekatan Teoretis), 125.

rifin, M. B., Pandowo, M. H. C., & others. (2020). Peran Lingkungan Kerja, Kemampuan Kerja, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Buana Finance Tbk. Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

Nitisemito. 2015. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia.

Damayanti, D., Alamsyah, A. I. S., & Atirah, A. (2023). PERANAN UMKM TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN (Studi Kasus UMKM ISR Bone). Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 48–58.

Indriyani, R., & Dewi, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi Sdm Sebagai Variabel Intervening Pada Ukm Keripik Tempe Malang. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(2), 53–61.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Janu Andrifar ZanahZubir, Dewi Patimah Anggari, Santi Pertiwi Hari Sandi, & Dwi Epty Hidayaty. (2023). PERAN LINGKUNGAN KERJA PADA UMKM BOLU KIJING TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Journal of Management and Creative Business, 1(3), 163–170. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i3.1172