EFEKTIVITAS PRODUKSI SEMPRONG MAK’E

Authors

  • Fajar Ahmad Prasetyo Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dendy Barqah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Epty Hidayaty Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i3.1167

Keywords:

Produksi, Efektivitas, UMKM.

Abstract

Dalam kunjungan tersebut kami mendapatkan informasi mengenai perusahaan industry yang kami kunjungi mulai dari proses produksi, proses pemasaran, dan omset penjualan. Selain itu kami mengetahui histori dari awal berdirinya perusahaan tesebut. Metode penulisan artikel ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Semprong mak’e dalam menjalankan usahanya selama 3 tahun memiliki system produksi yang efektif. Efektivitas atau pencapaian usaha semprong selama 3 tahun ini yaitu semprong mak’e sudah banyak diketahui di daerah batujaya dan sekitarnya. Sehingga membuat usaha ini terus berjalan dengan lancar. Pencapaian selama 3 tahun itu sangat tidak mudah dari mulai naik turunya penjualan, susahnya bahan baku yang digunakan dalam pembuatan semprong, membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam proses produksi semprong mak’e terdiri dari alur produksi yang efektif yaitu, pembuatan adonan semprong, pencetakan semprong, pembakaran, dan pengemasan.

References

Ananda, R., Hernawati, T. and Sibuea, S. R. (2022) ‘ANALISA EFEKTIVITAS PRODUKSI PADA STASIUN KERNEL MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT UMKM .SEMPRONG MAK'E’, 17(2).

Asih, H. M. et al. (2019) ‘Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas pada produksi daur ulang sampah plastik Biro Hubungan Masyarakat – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan yang memiliki nilai manfaat lebih . Sampah yang dikelola adalah sampah plastik yang’, (September), pp. 309–318.

Han, E. S. et al. (2019) ‘Konsep Dasar Efektivitas’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Fajar Ahmad Prasetyo, Dendy Barqah, Santi Pertiwi Hari Sandi, & Dwi Epty Hidayaty. (2023). EFEKTIVITAS PRODUKSI SEMPRONG MAK’E. Journal of Management and Creative Business, 1(3), 148–153. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i3.1167