Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling, Pengetahuan, Sosialisasi, Kesadaran, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pekerja Bebas

Authors

  • Muhamad Mahfud Universitas Trilogi
  • Khoirina Farina Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4541

Keywords:

E-Filing System, Tax Knowledge, Tax Socialization, Tax Paying Awareness, Tax Sanctions

Abstract

Tax Compliance is a submissive or obedience attitude where the taxplayer has to fulfill all the tax right and obligations. The purpose of this research is to verify the factor that affect taxplayer compliance using the e-filing system, knowledge, socialization, awareness and tax sanctions on the compliance of freelance taxpayers. Data collection method in this research is by using a questionnaire. The population in this research is freelance taxpayers. The sampling method in this study used convience sampling and obtained as many as 71 respondents that fit the criteria. This study uses PLS SEM with the SmartPLS version 4.0 application for data analysis. The results of this research show that the implementation of the e-filing system, knowledge, socialization, awareness and tax sanctions have a positive and significant effect on taxpayer compliance as freelancers.

References

Aziz, S., & Abdul, et al. (2024). Kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Insolent Raya di Surabaya. Journal of Management and Creative Business, 2(1), 82–96.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik dan aplikasi dengan program SmartPLS 3.0. Universitas Diponegoro.

Hanvansen, H., & Wenny, C. D. (2022). Pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Palembang dengan sanksi pajak sebagai intervening. Jurnal Akuntansi, (hal. 175–182).

Helmiyanti. (2018). Pengaruh kinerja account representative, self assessment system dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan pelayanan fiskus sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi, (hal. 21).

Juwita, & Wasif, S. K. (2020). Pengaruh pengetahuan wajib pajak tentang peraturan perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak dan penerapan e-Samsat terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor (Studi kasus wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama Samsat Jakarta Timur). Jurnal STIE, 1–17. http://repository.stei.ac.id/2684/1/11160000008%20Artikel%20Indonesia-Tahun%202020.pdf

Kristiawati, et al. (2019). Citra merek, persepsi harga dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian pada mini market Indomaret Lontar Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen (JMM 17), 6(2), 27–36.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan. Andi.

Megantara, K., Purnamawati, I. G. A., & Sinarwati, N. K. (2017). Pengaruh penghasilan wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan kemauan membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak usahawan atas penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1).

Mulyati, Y., & Ismanto, J. (2021). Pengaruh penerapan e-Filing, pengetahuan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada pegawai Kemendikbud. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 4(2), 139–155. https://doi.org/10.32493/jabi.v4i2.y2021.p139-155

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah.

Parera, A. M., & Erawati, T. (2017). Pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan, dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Jurnal Akuntansi, 5(1), 90.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tahar, A., & Rachman, A. (2019). Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 15(1), 57–67.

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak kendaraan bermotor, dan sistem Samsat drive thru terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1).

Wijaya, R. A., Sari, D. S., & Sari, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur kepemilikan, dan struktur aktiva terhadap struktur modal (Studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014–2018). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1).

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Muhamad Mahfud, & Khoirina Farina. (2025). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling, Pengetahuan, Sosialisasi, Kesadaran, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pekerja Bebas. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 12(2), 756–769. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4541

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.