Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kredit pada Perum Pegadaian

Authors

  • Bambang Karnain Universitas 45 Surabaya
  • Sugiharto Sugiharto Universitas 45 Surabaya
  • Rina Dewi Universitas 45 Surabaya
  • Achmad Daeng GS Universitas 45 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i1.3507

Keywords:

Credit, Factor, Income

Abstract

This research aims to determine the factors that influence credit demand at Perum Pegadaian. This research method is literature study. The data analysis technique is by collecting information from various sources in fields related to the factors that influence the demand for credit at Perum Pegadaian, the data is collected and analyzed and conclusions are drawn. The results of this research state that the factors that influence the demand for credit at Perum Pegadaian include (1) customer's income level, (2) customer's education level (3) interest rate (4) service at Perum Pegadaian and (5) credit repayment period.

References

Anisa, N., Arifin, S., Setyowati, L., Hidayah, N., & Megasari, A. D. (2020). Financial literacy on impulsive buying behavior in Y generation. Quantitative Economics and Management Studies, 1(1). https://doi.org/10.35877/454ri.qems1180

Aziz Sholeh, A., et al. (2024). Kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Insolent Raya di Surabaya. Journal of Management and Creative Business, 2(1), 82–96.

Boediono. (1996). Ekonomi moneter (Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 5, Edisi ke-3). Yogyakarta: BPFE.

Dahri, A. S., & Lubis, F. W. A. (2018). Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan kredit cepat aman pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Malili. Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(1).

Fuad, I. (2001). Dasar-dasar kependidikan. Bandung: Rinaka Cipta.

Jawa Pos. (2000, Desember 12). Perum Pegadaian.

Karl, E. C., & Fair, R. C. (2001). Prinsip-prinsip ekonomi makro. Jakarta: Prenhalindo.

Kasmir. (2011). Bank dan lembaga keuangan lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2012). Bank dan lembaga keuangan lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kristiawati, et al. (2019). Citra merek persepsi harga dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian pada mini market Indomaret Lontar Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen (JMM 17), 6(2), 27–36.

Mangkunegara, A. P. (2003). Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Refika Aditama.

Masngudi. (1989). Peranan koperasi sebagai lembaga pengantar keuangan. Disertasi Doktor pada Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Moenir, A. S. (2002). Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nopirin. (2009). Ekonomi moneter (Buku II, Edisi I). Yogyakarta: BPFE.

Pranoto, J. P., Djaroem, R. (2004). Perusahaan umum (Perum) Pegadaian sebagai sarana pemberian kredit. Lex Jurnalica, 1(3).

Putra, I. C., & Purnamawati, I. G. A. (2013). Prosedur pemberian kredit usaha mikro kecil dan menengah pada PT. Pegadaian Cabang Singaraja. Jurnal Akuntansi Profesi, 3(2).

Putri, L. A., Irmayanti, E., & Afandi, T. Y. (2022). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi besarnya pengambilan kredit pada PT. Pegadaian Cabang Nganjuk. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri.

Rangkuti, F. (2017). Customer care excellent: Meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima plus analisis kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ratiya, R. (2021). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi permintaan kredit cepat aman (KCA) pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang (UPC) Teluk Kuantan. Universitas Islam Kuantan Singingi.

Rina, D., et al. (2020). Internal factor effects in forming the success of small businesses. Jurnal SINERGI UNITOMO, 10(1), 13–21.

Siamat, D. (1995). Manajemen lembaga keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Simorangkir. (1989). Dasar-dasar dan mekanisme perbankan (Edisi revisi). Jakarta: Aksara Persada Indonesia.

Sukirno, S. (1996). Pengantar teori mikro ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sunariyah. (2004). Pengantar pengetahuan pasar modal. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Suyatno, T. (1999). Dasar-dasar perkreditan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suyatno, T. (2003). Dasar-dasar perkreditan (Edisi keempat).

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yandri, D., & Fatmalia, D. R. (2020). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi permintaan kredit cepat dan aman PT. Pegadaian (Persero) UPC Cirendeu. Jurnal Kompleksitas, 9(1), 85–89.

Yulianto, A. A. (1998). Pengantar bisnis (Edisi ke-4). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Bambang Karnain, Sugiharto Sugiharto, Rina Dewi, & Achmad Daeng GS. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kredit pada Perum Pegadaian. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 12(1), 158–176. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i1.3507

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.