Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • I Gusti Ayu Agung Ratna Kusuma Dewi Universitas Udayana
  • Gerianta Wirawan Yasa Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.2032

Keywords:

CSR Disclosure, Profitability, Firm Value

Abstract

The purpose of this study, namely: to determine the influence of profitability in mediating the effect of Corporate Social Responsibility disclosure on firm value. This study uses a quantitative approach with an associative form which aims to explain the effect of the CSR disclosure variable on firm value with profitability as the intervening variable. This research was conducted on mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2019-2021 period. The population in this study was 78 companies. The samples in this study were all companies that are members of the mining sector on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2021 period and met the sample collection criteria. The method of determining the sample used in this study is non-probability with a purposive sampling technique which is carried out by taking samples from the population based on certain criteria. This study uses the Partial Least Square data analysis technique using Smartpls. This study uses data analysis techniques which include measurement models or outer models and structural models or inner models. The results of the analysis show that profitability as an intervening variable is able to increase company value when the company discloses CSR. Iimplications of this research show that positive signals received by investors will provide a positive response which can increase profitability.

References

Adelina, F. & Azra, F. I. (2021). Pengaruh Intelllectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(3), hal 583-598.

Adrianingtyas, D.A., & Agus Sucipto. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2(2), hal 23-30.

Agung, A. A. P. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang : UB Press.

Akmalia, A., et al. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015). Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 8(2), hal 200-221.

Anggraini, Eline Rosa & Hariyati. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Intellectual Capital sebagai Variabel Moderasi. FPA: Jurnal Akuntansi, Bisnis, dan Ekonomi, 1(1), hal 21-31.

Apriyanti. (2015). Profitabilitas dan Corporate Sosial Responsibility Pada Perusahaan High dan Low Profile. Skripsi. Universitas Udayana.

Ardila, I., & Fadhila, N. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 200–210

Ardiyanto, T & H. Haryanto. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), pp. 337-351.

Brigham, E. F. dan J.F. Houston. 2019. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Empat Belas. Salemba Empat. Jakarta.

Dhani, I. P., & Utama, A. G. S. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, 2(1).

Dzahabiyya, J., Jhoansyah, D., & Danial, R. D. M. (2020). Analisis Nilai Perusahaan dengan Model Rasio Tobin’s Q. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara, 4(1), hal. 46–55.

Dzikir, A., Syahnur, S., & Tenriwaru, T. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Atma Jaya Accounting Research (AJAR), 3(02), hal 219-235.

Erawati, T & Sari, L. I. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan CSR (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Subsektor Food and Beverage yang Tercantum di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Jurnal Analisa Akutansi dan Perpajakan, 5(1), hal 45-59.

Evriadi, Vega Agustin. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Intellectual Capital, dan Gender Diversity Eksekutif Terhadap Firm Value pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

Firmansyah, A., Aktaviana, N., & Apriliani, D. (2021). Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur (Study Empiris 4 Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI). Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1), hal 42-53.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program smart PLS 3.0. Semarang: Universitas Dipone-goro Semarang.

Gulu, A.A. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Neraca Agung, 10(2), hal 13-20.

Hakiki, Arista., Mukhtaruddin, Ubaidillah, Kencana Dewi, & Nopriyanto (2019). Good Governance, Corporate Social Responsibility, Firm Value, and Financial Performance as Moderating Variable. 3(1), hal 55-64.

Harningsih, S., Agustin, H. & Setiawan, M. A. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Dan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Journal of Multidicsiplinary Research and Development. 1(2), hal 199-209.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Grasindo.

Hidayati, E. E. (2010). Analisis Pengaruh DER, DPR, ROE, dan Size Terhadap PBV Perusahaan Mnufaktur Yang Listing Di BEI Periode 2005-2007. Jurnal Magister Manajemen Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, H.M. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis (Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman). Edisi 6. Yogyakarta : BPFE.

Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG Sebagai Pemoderasi. JRAMB, 6(1), 37–49.

Kurniati, S. (2019). Stock Returns and Financial Performance as Mediation Variables in The Influence of Good Corporate Governance on Corporate Value. Corporate Governance (Bingley), 19(6), pp. 1289–1309.

Mariani, Desy & Suryani. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Sosial Dan Kinerja Lingkungan Sebagai Variabel Moderator (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Dan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 - 2015). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), hal 59-78.

Mardi, Hermanto, Erna W. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Melalui Corporate Social Responsibility (CSR). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(2), hal 1518-1544.

Meiyana, A. & Aisyah, M. N. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nominal. 8(1), hal 1-18.

Massie, Juan V., Parengkuan T., dan Rosalina A. M. K. (2017). Analisis Finansial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan- Perusahaan Consumer Goods Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2016). Jurnal EMBA, 5(3), hal 4485-94.

Mulyawati, Sri. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi dilakukan Pada Perussahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013). Prosiding Penelitian SPESIA.

Mustofa, N & Suaidah, Y. M. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2017-2019). Jurnal Cendekia Akuntansi, 1(2), hal 31-41.

Nuryana, I & Bhebhe, E. (2019). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Accounting and Financial Review, 2(2), hal 142-146.

Ogachi, Daniel & Zeman Zoltan. (2020). Corporate Social Responsibility and Firm Value Protection. International Journal of Financial Studies.

Permatasari. M. P. & Setyastrini, N. L. P. (2019). Faktor yang Memengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Negara Maju dan Berkembang Bukti Empiris Teori Legitimasi dan Teori Stakeholder. Jurnal Akuntansi dan Perpajakan, 5(1), hal 01-03.

Pujarini, Fitriani. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Accounting & Management Innovation, 4(1), pp 1-15.

Putri, Z. B. & Budiyanto, B. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(3).

Puspitasari E. & Ermayanti, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Perusahaan Perbankan BUMN Go Public yang Terdaftardi BEI Periode Tahun 2011-2018). Prosiding Snebdewa, 1(1), hal 29-40.

Prastuti, C. M., & Budiasih, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Intellectual Capital Pada Kinerja Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 27(2), hal. 1365–1393.

Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1), 95-103.

Qi, Qin., et al. (2022). Continuous Cash Dividends, Ownership Structure And Firm Value: Evidence From Chinese A-Share Market. Plos One.

Rahmanda, S. N. (2019). Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rajagukguk, L., Ariesta, V., & Pakpahan, Y. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Keputusan Investasi, Dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 77.

Rengga, Andreas. (2014). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan-Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2000 – 2013. Jurnal Magister Manajemen, pp.1-15.

Revaliana, F.R & Budiwitjaksono, G.S. (2022). CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), HAL. 324-335

Rini, K. D. S & Mimba, N. P. S. H. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Investment Opportunity Set dan Struktur Modal pada Nilai Perusahaan. E-jurnal Akuntansi, 28(3), hal 2019-2034.

Rinsman, T. C. S. & Prasetyo, A. B. (2020). The Effects of Financial and Environmental Performances on Firm Value with Environmental Disclosure as an Intervening Variable. JDA. 12(2), pp 90-99.

Ronald, Sam (2019). Corporate Social Responsibility as Economic Mechanism for Creating Firm Value. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management. 3(1), hal 22-34.

Rokhlinasari, Sri. (2016). Teori-teori dalam Pengungkapan Informasi Corporate Social Responbility Perbankan. Kampung Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon, hal. 1-11.

Rutin (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan,6(1), hal. 126-142.

Sahbandi, J. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2016). Skripsi. Universitas Mercubuana Yogyakarta.

Sari, W. M. C. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure dan Kinerja Lingkungan Pada Kinerja Keuangan Dengan Kepemilikan Asing Sebagai Pemoderasi. Skripsi. Univesitas Udayana.

Sastrawan, I Made Dwi. 2016. Pengaruh Langsung Dan Tidak Langsung Good Corporate Goverrnance Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(11), hal. 1-32.

Sihombing, (2020). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Komite Audit Terhadap Pengungkapan CSR. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(2), hal. 59-67.

Setiawan, A. A. & Daromes, F. E. (2019). Total Quality Management sebagai Mekanisme Pendorong Competitive Advantagedan Inovasi untuk Mencapai Kinerja Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 26(1), hal. 70-81.

Sintyana, I.P. H. & Artini L. G. S (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(2), hal. 7717-7745.

Sudiyatno, B., & Puspitasari, E. (2010). Tobin’s Q Dan Altman Z- Score Sebagai Indikator Pengukuran Kinerja Perusahaan (Tobin’s Q and Altman Z-Score as Indicators of Performance Measurement Company). Kajian Akuntansi, 2(1), hal. 9–21.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RAD. Bandung: Alfabeta.

Suharyani, R., Ulum, I. & Jati, A. W. (2019). Pengaruh Tekanan Stakeholder dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Sustainability Report. Jurnal akademi akuntansi, 2(2), hal. 71-92.

Sulbahri, Rifani Akbar. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntansi dan Manajemen, 16(2), hal. 215-226.

Susenohaji. (2014). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Atas Pengungkapan (Disclosure) Tanggung Jawab Lingkungan Perusahaan Pada Perusahaan (Studi Empiris Penerapan Regulasi Pada Perusahaan Go Public). Pendidikan Vokasi. hal. 1-22.

Smithers. Andrew dan Wright. Stephen., (2013). Valuing Wall Street. McGraw Hill.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. Quarterly Journal of Economics, 83(3),

-374.

Triani. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Moderating Di Perusahaan Manufaktur Industri Subsektor Basic Industry And Chemicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Utama, S. M. (2016). Aplikasi Analisis Kuantitatif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar: C.V. Sastra Utama.

Uy, W.S. & Hendrawati, H. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Liability. 2(2), hal. 87-108.

Wahyudi,Isa dan Busyra Azheri. (2011). Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang: SETARA Press.

Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), hal. 109-117.

Wahyuningsih, Dwi. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI periode 2014 -2016). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wirawati, N. G. P., Putri, I. G. A. M. A. D., & Badera, I. D. N. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Pengungkapan Lingkungan, dan Kinerja Lingkungan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(9), hal. 2417– 2427.

Yanti, I G. A. D. N. & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan dan Minuman. E-Jurnal Manajemen, 8(4), hal. 2297-2324.

Yuliana, A. P. & Dwi Artati. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham dengan Inflasi sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(5), hal. 628-645.

Yunus Handoko. (2014). Implementasi Social and Environmental Disclosure dalam Perspektif Teoritis. Jurnal JIBEKA, 8(2), hal. 74

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

I Gusti Ayu Agung Ratna Kusuma Dewi, & Gerianta Wirawan Yasa. (2023). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(2), 595–612. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.2032

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.