Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Pembelian Sneakers

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bandar Lampung)

Authors

  • Try Oustin University Of Bandar Lampung
  • Habiburahman Habiburahman University Of Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.1872

Keywords:

Consumptive Behavior, Generation Z, Influence of Social Media, Lifestyle, Sneakers

Abstract

This study aims to determine the effect of social media and lifestyle on the consumptive behavior of the Z generation in purchasing sneakers. This type of research uses qualitative research by distributing questionnaires to students at Bandar lampung university with total of 52 respondents.the results of this study indicate the social media influences consumptive behavior. Generation Z in purchasing sneakers while lifestyle variables have no effect on the consumptive behavior of generation Z in purchasing sneakers.

References

Armelia Dan Irianto. 2021. Pengaruh Uang Saku Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Indonesia Vol. 4 No. 3, 2021 Page 418-426.

Anggraini Dan Santhoso. 2017. Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology Volume 3, No. 3, 2017: 131-140.

Fransisca Dan Erdiansyah. 2020. Media Sosial Dan Perilaku Konsumtif. Jurnal Prologia Eissn 2598 - 0777 Vol. 4, No. 2, Oktober 2020, Hal 435 – 439.

Firamadhina Dan Hetty Krisnani. Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Social Work Jurnal. Volume: 10 Nomor: 2 Halaman: 199 – 208.

Fitri Dan Basri. 2021. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Milenial Di Era Pandemi Covid-19 Dengan Pengetahuan Ekonomi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).

Khrishananto Dan Adriansyah.2021. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Di Kalangan Generasi Z. Jurnal Imiah Psikologi Volume 9 No 2. Juni 2021.

Khoeriah. 2020. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Pengguna Electronic Money Di Bandar Lampung. Skripsi Dipublikasi. Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Lutfiyah. 2020. Pengaruh Brand Image Media Sosial Dangaya Hidup Hedonisme Terhadap Minat Belanja Online. Skripsi Dipublikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Surabaya.

Lubis Etc. 2017. The Effect Of Social Media To Cultural Homecoming Tradition Of Computer Students In Medan. Procedia Computer Science 124 (2017) 423–428.

Mustomi Dan Puspasari. 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Penelitianvolume 4, Nomor 1. 2020.

Philip. 2019. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Perilaku Konsumtif Sebagai Variabel Intervening Pada Pembelian Sneakers Branded Oleh Generasi Z Di Surabaya. Jurnal Agora Vol. 7, No. 2.

Qurniawati Dan Nurohman. 2018. Ewom Pada Generasi Z Di Sosial Media. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 20, No. 2. 2018.

Ramadhan Dan Simanjuntak. 2018. Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, Dan Konsep Diri. Jur. Ilm. Kel. & Kons., September 2018, P: 243 – 254.

Silalahi. 2020. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online. Jurnal Sistem Volume 3, Nomor 2, Juni. 2020.

Siswantini. 2021. Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Mahasiswa Upn Veteran Jakarta Di Masa Pandemi. Jurnal Riset Bisnis Vol 5 (1) (Oktober 2021) Hal: 74 – 85.

Simangunsong. 2018. Generation-Z Buying Behaviour In Indonesia: Opportunities For Retail Businesses. Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 8, No. 2, Juni 2018.

Susilawaty. 2020. Pengaruh Informasi Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Prosiding 4th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020.

Daengs, G. S. A., Istanti, E., Negoro, R. M. B. K., & Sanusi, R. (2020). The Aftermath of Management Action on Competitive Advantage Through Proccess Attributes at Food and Beverage Industries Export Import in Perak Harbor of Surabaya. International Journal Of Criminology and Sociologi, 9, 1418–1425

Enny Istanti1), Bramastyo Kusumo2),I.N.(2020).IMPLEMENTASI HARGA,KUALITAS PELAYANAN DAN PEMBELIAN BERULANG PADA PENJUALAN PRODUK GAMIS AFIFATHIN. Ekonomika 45, 8(1), 1–10

Iwa Soemantri, Asep et al. 2020. Entrepreneurship Orientation Strategy, Market Orientation And Its Effect On Business Performance In MSMEs. Jurnal EKSPEKTRA Unitomo Vol. IV No. 1, Hal. 1-10

Rina Dewi, et al. 2020. Internal Factor Effects In Forming The Success Of Small Businesses.Jurnal SINERGI UNITOMO, Vol. 10 No. 1, Hal. 13-21.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Try Oustin, & Habiburahman Habiburahman. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Pembelian Sneakers: (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bandar Lampung). EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(1), 356–362. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.1872

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.