Pengaruh Literasi Keuangan Dan Financial Experience Generasi Milenial Terhadap Penggunaan Paylater Pada E-Commerce

Authors

  • Pera Dwiwansi Universitas Indo Global Mandiri
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Shafiera Lazuarni Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.781

Keywords:

Literasi Keuangan, Pengalaman Keuangan, PayLater, E-Commerce

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan Pengalaman Finansial Generasi Milenial terhadap penggunaan PayLater di E-Commerce. 2) Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal) di 7 Perguruan Tinggi di Kota Palembang. 3) Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner penelitian melalui Google Form. Jumlah populasi 180 dengan sampel 150 responden. 4) Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan PayLater di E-Commerce. 5) Sedangkan Financial Experience tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan PayLater di E-Commerce. 6) Kemudian hasil analisis uji F (simultan) menunjukkan literasi keuangan dan pengalaman keuangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap penggunaan PayLater pada E-Commerce di 7 perguruan tinggi Kota Palembang. 7) Bahwa perkembangan era digital memberikan pengalaman finansial bagi mahasiswa untuk mengenal penggunaan Financial Technology yang hadir dalam memberikan kemudahan dalam mengakses dan bertransaksi produk keuangan serta meningkatkan literasi keuangan

References

Ameliawati, M., & Setiyani, R. (2018). The influence of financial attitude, financial socialization, and financial experience to financial management behavior with financial literacy as the mediation variable. KnE Social Sciences, 811-832.

Ansar, M. A. N. R., Saraswati, N. P. S. D., Nurfathika, R. P., & Rakhmawati, N. A. (2022, November). Analisis penggunaan Paylater untuk belanja online mahasiswa di Surabaya pada masa new normal. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 8(3).

Azizah, N. S. (2020, Maret 31). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup pada perilaku keuangan pada generasi milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92-101.

Dewanti, V. P., & Asandimitra, N. (2021). Pengaruh financial socialization, financial knowledge, financial experience terhadap financial management behavior dengan locus of control sebagai variabel mediasi pada pengguna paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 863-875.

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 08, 171-184.

Hidayatullah, S., Waris, A., Devianti, R. C., Sari, S. R., Wibowo, I. A., & PW, P. M. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(2), 240-249.

Justyn, F., & Marheni, D. K. (2020, july). Pengaruh financial attitude, financial education, financial knowledge, financial experience, dan financial behavior terhadap financial literacy pada pelajar Kota Batam. Journal of Global Business and Management Review, 2(1), 21-32.

Morgan, P. J., Huang, B., & Trinh, L. Q. (2019). The Need to Promote Digital Financial Literacy for the Digital Age. The Future Of Work And Education For The Digital Age.

Naufalia, V., Wilandari, A., Windasari, V., & Helmy, M. S. (2022). Pengaruh financial socialization dan financial experience terhadap financial management behavior. Porspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 20(2).

Novendra, B., & Aulianisa, S. S. (2020). Konsep dan perbandingan buy now, paylater dengan kredit perbankan di Indonesia: sebuah keniscayaan di era digital dan teknologi. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(2).

Purnamasari, E. D., Lazuarni, S., & Christyanti, S. (2022, April). Pelatihan pemanfaatan Fintech dalam pengelolaan keuangan pada pelaku usaha Clothing Line. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 6(2), 523- 530.

Purwidianti, W., & Tubastuvi, N. (2019). The effect of financial literacy and financial experience on SME financial behavior in Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(1), 40-45.

Putri, S. D., & Mulatsih, L. S. (2022). Pengaruh literasi keuangan terhadap minat menggunakan fintech payment (PayLater) pada Shopee. Kumpulan Executive Summary Mahasiswa Prodi Manajemen Wisuda Ke 78 Tahun 2022, 21(2).

Ratnasari, N. (2021). Analisis Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Generasi Milenial. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rochaniah, Y., & Sari, R. C. (2021). Pengaruh literasi keuangan digital, penghasilan, dan gender terhadap keputusan pembelian konsumen E-Commerce. PROFITA Kajian Ilmu Akuntansi, 9(6), 1-20.

Safitri, A., & Kartawinata, B. R. (2020). Pengaruh financial socialization dan financial experience terhadap financial management behavior (Studi pada wanita bekerja di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan (JIKA), 9(2).

Sholeh, B. (2019). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Pamulang. Jurnal Pendidikan,Ekonomi dan Bisnis.

Sohn, S. H., Joo, S. H., Grable, J. E., Lee, S., & Kim, M. (2012, August). Adolescents‟ financial literacy: The role of financial socialization agents, financial experiences, and money attitudes in shaping financial literacy among South Korean youth. Journal of Adolescence, 35(4), 969-980.

Sriwidodo, U., & Sumaryanto. (2018). Analisis self control, pengetahuan keuangan, dan pengalaman keuangan terhadap perencanaan investasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(1), 76-82.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: CV.

Wijayanti, M., Rohaeni, H., Mukarromah, A., & Yunita, T. (2022). The influence of financial literature, benefits, easy and income on interest in using shopee paylater (study on milenial generation, Bekasi regency). International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(2), 389-399.

Wulandari, T., Lazuarni, S., & Sari, Rinika. (2022, Agustus). Pengaruh Literasi Keuangan dan Payment Gateway Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Manajemen Swasta di Kota Palembang. Jurnal Ecoment Global Kajian Bisnis dan Manajemen, 7(2), 220-230.

Yolanda, M. I., Nursyamsiah, T., & Hasanah, Q. (2022). Analisis Perilaku Keuangan pada Generasi Z Muslim di Jabodetabek (Studi Kasus Pengguna Shopeepaylater). Scientific Repository.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Pera Dwiwansi, Endah Dewi Purnamasari, & Shafiera Lazuarni. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Financial Experience Generasi Milenial Terhadap Penggunaan Paylater Pada E-Commerce. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 10(2), 48–58. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v10i2.781

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.