Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Meningkatkan Pembelian Pada Permata Mart Di Kabupaten Bogor

Authors

  • Dedi Muliadi STAB Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i2.719

Keywords:

Marketing Mix, Keputusan Konsumen, Tingkat Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan konsumen dalam meningkatkan pembelian pada Permata Mart di Kabupaten Bogor,  Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu variabel Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), Promosi (X4), Orang (X5) Bukti Fisik (X6) dan Proses (X7) serta variabel dependen adalah Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Hasil analisis dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1.744 + 0,248 X1 – 0,013 X2 + 0,022 X3 + 0,006 X4 + 0,274 X5 + 0,242 X6 – 0,138. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dan wawancara. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Asumsi klasik. Untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam meningkatkan pembelian pada Permata Mart di Kabupaten Bogor (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 3,383 > F Tabel 2,11 dengan nilai p sebesar 0,003 < 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,166 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 20,5%. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial hanya variabel harga dan promosi yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan. Saran utama bagi Minimarket Permata Mart di Kabupaten Bogor adalah penelitian yang berhubungan dengan perilaku konsumen khususnya mengenai pengaruh marketing mix terhadap pengambilan keputusan konsumen sekiranya dapat dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan manajemen demi kemajuan usaha retail.

References

Sopiah, Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mardiyanto. 2007. Rahasia Sukses Bisnis Minimarket. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No:23/Mpp/1998/ tentang Lembaga-lembaga usaha

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No:53/M-Dag/Per/12/2008 Tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern Penelitian

Armstrong, 2007, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT.Indeks, Klaten.

Assauri, Sofyan, 2007, Manajemen Pemasaran, Dasar Konsep dan Strategi, Rajawali Pers, Jakarta.

Alma, Buchari, 2007, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Charles W. Lamb,Jr, Joseph f, hair,Jr, Carl Mc Daniel,2001, Pemasaran, edisi I PT Salemba Emban Patria, Jakarta.

Hurriyati, Ratih, 2010, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip, 2002, Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall International Editions, Upper Saddle River, New Jerscy.

Gary Armstrong, 2000, Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall International, New Jersey.

Mangkunegara , A.A Anwar Prabu, 2002, Perilaku Konsumen., Edisi Revisi, Rafika Aditama, Bandung.

Ma’ruf, Hendry. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka

Rangkuti, Fredy, 2000, Riset Pemasaran, Cetakan Ketiga, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Umar, Husein, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Schiffman G leon and Leslie Lazar Kanuk, 2007, Perilaku Konsumen, PT. Indeks, Klaten.

Tjiptono, Fandy, 2002, Strategi Pemasaran, Edisi kedua, Cetakan keenam, Andy Offset, Yogyakarta.

Swastha, Basu, DH dan Irawan, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua Liberty, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Dedi Muliadi. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Meningkatkan Pembelian Pada Permata Mart Di Kabupaten Bogor. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(2), 247–257. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i2.719

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.