Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki All New Ertiga Pada Pt. Trans Sumatera Agung Cabang Pematang Siantar Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i1.799Keywords:
Brand Image, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Brand Image dan Harga terhadap keputusan konsumen membeli mobil Suzuki All New Ertiga pada PT. Trans Sumatera Agung Cabang Pematang Siantar Sumatera Utara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengguna mobil Suzuki All New Ertiga dibandingkan varian lain di kelasnya dengan menguasai pangsa pasar di Indonesia sebesar 35% (menduduki peringkat 3). Data penelitian ini dikumpulkan dari 136 responden yang menggunakan mobil Suzuki All New Ertiga. Responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik penentuan sampel yaitu incidental sampling. Pernyataan diberikan dengan menggunakan kuisioner. Tanggapan responden terhadap pernyataan-pernyataan kemudian dianalisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t, uji koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Suzuki All New Ertiga pada PT.Trans Sumatera Agung Cabang Pematang Siantar Sumatera utara. Secara parsial variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan thitung > ttabel yaitu 4.967 > 1.977. Sedangkan variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan thitung < ttabel yaitu 4.362 < 1.977. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Suzuki All New Ertiga pada PT.Trans Sumatera Agung Cabang Pematang Siantar Sumatera utara adalah variabel harga dengan koefisien regresi sebesar 0.584.
References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Abdullah, Thamrin. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Anwar, Iful. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.
Jurnal. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).
Dessy, Amelia, Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal. Semarang. Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. Aplilasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2011.
Kasmir, dan Jakfar. Studi Kelayakan Khusus. Jakarta: Prenada Media, 2003
Kotler, Philip. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: CV. Intermedia, 2002.
Kotler, Philip. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2001.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks, 2009.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.
McDaniel, Steband. Marketing and Solve Problem. Ohio: Press, 2010.
Radiosunu. Manajemen Pemasaran (suatu pendekatan analisis). Yogyakarta: BPFE, 2001.
Ratih, Hurriyat. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2005.
Santoso, Singgih. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2004.
Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen. Ed. Revisi. Jakarta: Kencana, 2015
Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia, 2002.
Sunyoto, Danang. Ekonomi Manajerial. Yogyakarta: CAPS, 2013.
Supriyanto, J. Kepuasan Tingkat Pelanggan; Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV, 2014.
Tjiptono, Fandi. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2002.
Umar, Husain. Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.