Pengaruh Pajak,Tax Havens,Exchange Rate, dan Tunneling Incentive Terhadaptransfer Pricing pada Perusahaan Multinasional
DOI:
https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i1.3488Keywords:
Tax, Tax Havens, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Transfer PricingAbstract
This research aims to determine the direct and indirect influence of taxes, tax havens, exchange rates and tunneling incentives on transfer pricing in multinational companies listed on the Indonesian Stock Exchange (IDX) for the 2018-2022 period. This research uses quantitative methods using secondary data. This research uses quantitative methods using secondary data. This research uses quantitative methods using secondary data. The results of hypothesis testing in this research show that taxes, tax havens¸exchange rates do not have a positive effect on transfer pricing, tunneling incentives have a positive and significant effect on transfer pricing in multinational companies.
References
Agata, G., Lembut, P. I., & Oktariani, F. (2021). Analisis determinan transfer pricing pada perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wahana Akuntansi, 16(1), 74–93. https://doi.org/10.21009/Wahana.16.015
Akhadya, D. P., & Arieftiara, D. (2019). Pengaruh pajak, exchange rate, dan kepemilikan asing terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing. Jurnal Akuntansi Unesa, 6(3), 1–20. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalakuntansi/article/view/26979
Aryanto, U. (2018). Bab III - Metode penelitian. Metode Penelitian, 2017, 32–41.
Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus, dan exchange rate terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing. 1(No. 2). http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/issue/view/
Aziz Sholeh, A., et al. (2024). Kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Insolent Raya di Surabaya. Journal of Management and Creative Business, 2(1), 82–96.
Bhudiyanti, K., & Suryarini, T. (2022). Pengaruh tax haven, foreign ownership, dan intangible assets terhadap keputusan transfer pricing. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 11(2), 305–321. https://doi.org/10.21831/nominal.v11i2.51444
Devi, N. P. A. L. K., & Noviari, N. (2022). Pengaruh pajak dan pemanfaatan tax haven pada transfer pricing. E Jurnal Akuntansi, 32(No. 5). https://doi.org/10.24843/eja.2022.v
Eisenhardt, K. M. (1989). Agency theory: An assessment and review. 14, 57–74. https://kelembagaandas.wordpress.com/teori-agensi-principal-agenttheory/kathleen-m-eisenhardt/
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (U. Diponegoro, Ed.; 9th ed.).
Hermawan, R. (2018). Pengaruh beban pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitas terhadap transfer pricing (Studi kasus pada perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014–2016) [Doctoral dissertation, Unnes].
Hidayat, S. W., & Pesudo, D. A. A. (2019). Pengaruh perencanaan pajak dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan transparansi perusahaan sebagai variabel moderasi. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 367. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21323
Humairo, L. J., & Puspita, A. F. (2016). Pengaruh pajak terhadap keputusan transfer pricing perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016–2018).
Indrasti, A. W. (2016). Pengaruh pajak, kepemilikan asing, bonus plan, dan debt covenant terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012–2015). Profita, 9(3), 348–371. https://dirdosen.budiluhur.ac.id/0306068001/profita-2016.pdf
Indriaswari, Y. N. (2017). Pengaruh pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Accounting Analysis Journal, 4, 0–18. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57188
Jensen, M., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Human Relations, 72(10), 1671–1696. https://doi.org/10.1177/0018726718812602
Jumaidi, L. T., Bambang, B., & Hudaya, R. (2018). Analisis pajak, tunneling, gross margin, dan kapasitas spesialis terhadap keputusan untuk melakukan transfer pricing. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 1(2), 1. https://doi.org/10.29303/jaa.v1i2.1
Kristiawati, et al. (2019). Citra merek, persepsi harga, dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian pada mini market Indomaret Lontar Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 27–36.
Lestari, D., Dewi, E. Y., & Bangsa, U. B. (2021). Pajak perusahaan dan exchange rate terhadap transfer pricing pada perusahaan kimia. 1. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1
Makhmudah, N. F., & Djohar, C. (2022). Pengaruh tax minimization, tarif pajak efektif, dan exchange rate terhadap transfer pricing (Studi empiris pada perusahaan sub sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia tahun 2016–2020). 3(2). https://doi.org/10.46306/rev.v3i2
Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh pajak, tunneling incentive, dan exchange rate pada keputusan transfer pricing perusahaan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 18(2), 156–165. https://doi.org/10.20885/jaai.vol18.iss2.art6
Nazihah Azwardi, A., Luk Luk Fuadah, A., & Author, C. (2019). The effect of tax, tunneling incentive, bonus mechanisms, and firm size on transfer pricing (Indonesian evidence). Journal of Accounting, Finance and Auditing Studies, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.32602/jafas.2019.53
Nurhayati, & Indah. (2013). Evaluasi atas perlakuan perpajakan terhadap transaksi transfer pricing pada perusahaan multinasional di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 31–47. http://publishingwidyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jma/article/view/270/26
Pinastika, (2021). Faktor penentu tarif pajak efektif pada perusahaan kesehatan: Sebelum dan saat COVID-19. Jurnal Ekonomi, 26(3), 412. https://doi.org/10.24912/je.v26i3.799
Prananda, A., & Triyanto, D. (2020). Pengaruh beban pajak, mekanisme bonus, exchange rate, dan kepemilikan asing terhadap indikasi melakukan transfer pricing. Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(2).
Pratiwi, B. (2018). Pengaruh pajak, exchange rate, tunneling incentive, dan leverage terhadap transfer pricing. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(3), 90. https://doi.org/10.30659/ekobis.19.3.90-103
Putu, N., Liony, A., Devi, K., & Noviari, N. (2022). Pengaruh pajak dan pemanfaatan tax haven pada transfer pricing. https://doi.org/10.24843/eja.2022.
Rahman, W. A., & Cheisviyanny, C. (2020). Pengaruh mekanisme bonus, exchange rate, intangible assets, dan kompensasi rugi fiskal terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2. http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/issue/view/26
Richardson, G., & Taylor, G. (2015). Income shifting incentives and tax haven utilization: Evidence from multinational U.S. firms. International Journal of Accounting, 50(4), 458–485. https://doi.org/10.1016/j.intacc.2015.10.001
Suharyono, T., & Listiani, R. (2020). Pengaruh struktur kepemilikan saham, tax avoidance, dan size perusahaan terhadap transfer pricing pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 1(2). https://doi.org/10.24843/eja.2020.v10i2
Sundari, & Susanti. (2016). Transfer pricing practices: Empirical evidence from manufacturing companies in Indonesia. Asia-Pacific Management Accounting Journal (APMAJ), 11. http://arionline.uitm.edu.my/ojs/index.php/apmaj/article/view/478
Suprianto, D., & Pratiwi, R. (2017a). Pengaruh beban pajak, kepemilikan asing, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013–2015. Jurnal Riset Akuntansi & Auditing Indonesia, 5(2), 24–37. https://doi.org/10.21009/JRAI-05-02
Suprianto, D., & Pratiwi, R. (2017b). Pengaruh kepemilikan asing, tunneling incentive, dan pajak terhadap transfer pricing perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013–2015. Jurnal Riset Akuntansi & Auditing Indonesia, 5(3), 30–43.
Sutrisno, N. (2016). Pengaruh pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 16(2), 47–59. https://doi.org/10.21831/jab.v16i2.7071
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.