Determinan Minat Beli Produk Secara Online di Supermarket Hypermart Gorontalo

Authors

  • Arifin Arifin Universitas Ichsan Gorontalo
  • Rahmisyari Rahmisyari Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.2924

Keywords:

Perception of security, Ease of transaction, Trust, Shopping experience, Iinterest in buying

Abstract

This research aims to analyze and determine the magnitude of the influence of perceived security, ease of transactions, trust and shopping experience on interest in buying products online at Hypermart Gorontalo. The research sample consisted of 90 people using a questionnaire as a data collection tool and using Path Analysis as a data analysis method. The results of the research show that Perception of Security (X1), Ease of Transaction (X2), Trust (X3) and Shopping Experience simultaneously influence online Purchase Interest (Y) at Hypermart Gorontalo by 0.502 (50.2%), which is 0.498 ( 49.8%) influenced by external variables that were not studied. Perception of Security (X1) partially has a positive and insignificant effect on Purchase Intention (Y), Ease of Transaction partially has a negative and insignificant influence on Purchase Intention (Y), Trust (X3) partially has a significant and influence on Purchase Intention (Y) , and Shopping Experience partially and significantly influences buying interest (Y).

References

Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli Tokopedia.com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–15. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Amelia, M., & Lestari, B. R. (n.d.). Analisis pengaruh harga, kualitas web dan pengalaman berbelanja terhadap kepuasan pelanggan di situs Bukalapak.com (Studi kasus pada mahasiswa di STIE dan STMIK Multi Data Palembang). 1–8.

Anwar, R. N., & Afifah, A. (2016). Pengaruh kepercayaan dan keamanan konsumen terhadap minat beli di situs online (Studi kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen, 9(1), 46–57. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/manajemen

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat beli belanja online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2).

Arikunto, P. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baskara, I. P., & Hariyadi, G. T. (2014). Analisis pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial (Social networking websites) (Studi pada mahasiswa di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Bisnis, 2011, 1–15.

Burhanudin, R. (2017). Pengaruh iklan Traveloka di televisi terhadap minat beli konsumen (Studi di Indonesia). E-Proceeding of Management, 4(2), 1453–1459.

Dewi, A. N. L., & Kusuma, A. A. (2019). Peran kepuasaan dalam memediasi pengalaman berbelanja terhadap minat beli kembali. E-Jurnal Manajemen, 8(9), 5591–5610. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i09.p12

Fahmi, S. (2018). Pengaruh persepsi keamanan dan kepercayaan terhadap niat konsumen dalam melakukan transaksi e-commerce, melalui sikap sebagai variabel intervening. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(1), 86–96. Retrieved from http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN/article/view/21

Ferdinand, A. (2002). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen: Aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk tesis magister dan disertasi doktor. BP UNDIP.

Ferdinand, A. (2008). Manajemen produksi dan operasi. Jakarta: LPFEUI.

Founder. (2015). E-commerce kolaborasi China-Amerika Hypermart masuk ke Indonesia, ancaman atau peluang. Retrieved November 18, 2019, from Kompasiana.com website: https://www.kompasiana.com/srondol/56406c752f93737f0538f46d/ecommerce-kolaborasi-chinaamerika-jdid-masuk-ke-indonesia-ancaman-atau-peluang?page=all

Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional Bersehati Calaca. EMBA, 1(3), 273–283.

Hasan, A. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Imari, S., Lubis, P. H., & Chan, S. (2017). Pengaruh orientasi belanja, kepercayaan online dan pengalaman pembelian sebelumnya terhadap niat pembelian konsumen secara online dengan perbedaan gender sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Perspektif Manajemen dan Perbankan, 8(3), 49–70.

Jayani, D. H. (2019). 10 E-commerce dengan pengunjung terbesar kuartal III-2019. Retrieved November 25, 2019, from Databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/22/inilah-10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar

Kartajaya, H. (2004). Marketing in Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16

Kim, J., Lee, H. C., & Kim, H. J. (2004). Factors affecting online search intention and online purchase intention. Seoul Journal of Business, 10(2), 27-48.

Kinasih, B. S., & Albari. (2012). Pengaruh persepsi keamanan dan privasi terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1), 25–38.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (3rd ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). New Jersey: Pearson.

Lestari, A. N., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs Mataharimall.com. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1–8.

Ningtyas, F., & Rachmad, B. (2011). Pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan masalah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat di Surabaya. Journal of Business and Banking, 1(1), 51–60.

Nonis, M. (2019). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli secara online pada marketplace Shopee. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yogyakarta.

Pamungkas, Y. F. C., & Ellyawati, J. (2014). Pengaruh orientasi pembelian, kepercayaan dan pengalaman pembelian online terhadap niat beli online. 1–15.

Portal Berita Ekonomi. (2019). Pertumbuhan e-commerce pesat di Indonesia. Retrieved November 11, 2019, from WartaEkonomi.co.id website: https://www.wartaekonomi.co.id/read216302/pertumbuhan-e-commerce-pesat-di-indonesia.html

Pramudita, Y. A., & Japarianto, E. (2013). Analisa pengaruh customer value dan customer experience terhadap customer satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen. Bandung: Alfabeta.

Rahmadi, H., & Malik, D. (2016). Pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian e-commerce pada Tokopedia.com di Jakarta Pusat. Reformasi Administrasi, 3(1), 126–145. https://doi.org/10.31334/.v3i1.100

Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Eei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(2), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.cell.2009.01.043

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Consumer behavior (8th ed.). New Jersey: Pearson.

Suandan, W., Rahyuda, K., & Yasa, K. (2016). Pengaruh pengalaman membeli produk fashion terhadap niat membeli kembali melalui kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 10(1), 85–97.

Sudjana, N. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sulistyari, I. N. (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk Oriflame. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Swastha, B., & Irawan, H. (2001). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Liberty.

Tilaar, F., Lapian, J., & Roring, F. (2018). Pengaruh kepercayaan dan motivasi terhadap minat beli pengguna Shoppe secara online pada anggota pemuda GMIM Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA, 6(4), 2028–2037.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2010). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi.

Widiyanto, I., & Prasilowati, L. S. (2015). Perilaku pembelian melalui internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2), 109–112. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109

Widodo, W., & Susanto, A. (2018). Gender sebagai variabel kontrol: Pengaruh persepsi keamanan dan persepsi privasi terhadap kepercayaan konsumen online. Pemberdayaan dan penguatan daya saing bisnis dalam era digital, 375–393.

Yusnidar, Y., Samsir, S., & Restuti, S. (2014). Pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, IV(12), 311–329.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Arifin Arifin, & Rahmisyari Rahmisyari. (2024). Determinan Minat Beli Produk Secara Online di Supermarket Hypermart Gorontalo. EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(1), 712–725. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i1.2924

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.